Pawai takbiran dan obor meriahkan malam Idul Adha di Sampit

id Pawai takbiran ,Pemkab Kotim,Kotim,Kalteng,Sampit,Pawai Obor, Idul Adha,Halikinnor,Bupati Kotim

Pawai takbiran dan obor meriahkan malam Idul Adha di Sampit

Bupati Halikinnor bersama pejabat lainnya memberangkatkan peserta pawai takbiran keliling memeriahkan perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Sabtu (9/7/2022) malam. ANTARA/HO-Diskominfo Kotim

Sampit (ANTARA) - Pawai takbiran keliling dan pawai obor memeriahkan malam Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah disambut antusias masyarakat di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. 

"Setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19, alhamdulillah tahun ini bisa kita menggelar kegiatan ini dengan meriah. Ini bagian kita menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idul Adha," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Sabtu malam. 

Parai takbiran keliling diberangkatkan dari depan rumah jabatan bupati di Jalan Achmad Yani. Halikinnor didampingi Kapolres AKBP Sarpani, Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid, Wakil Bupati Irawati, Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan pejabat lainnya. 

Pawai kali ini diikuti puluhan kendaraan yang sebagian dihias cukup menarik disertai suara kumandang takbir disertai musik pengiring. Peserta merupakan perwakilan organisasi perangkat daerah, perusahaan swasta, lembaga pendidikan, keagamaan dan masyarakat umum. 

Menurut Halikinnor, terus melandainya kasus COVID-19 merupakan hal yang harus disyukuri. Kini kegiatan masyarakat berangsur pulih, termasuk perekonomian di segala sektor. 

Dia menilai kondisi ini tidak terlepas dari mulai terbentuknya "herd immunity" atau kekebalan kelompok. Untuk itulah dia memerintahkan Dinas Kesehatan untuk terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 hingga booster atau penguat agar kekebalan tubuh masyarakat semakin meningkat. 

Baca juga: Pemkab Kotim diminta lebih cermat dalam penyusunan anggaran

"Insya Allah kalau COVID-19 terus menurun, nanti 17 Agustus kita akan gelar pawai pembangunan skala besar. Mulai sekarang organisasi perangkat daerah dan perusahaan bisa mempersiapkan diri. Kondisi saat ini juga menggambarkan bahwa ekonomi daerah kita mulai bangkit," ujar Halikinnor. 

Sementara itu di tempat berbeda digelar pawai obor. Ribuan peserta dan warga memadati lokasi kegiatan yang dimulai di depan kantor Camat Baamang. 

Camat Baamang Ady Candra menyebutkan, peserta pawai obor lebih dari 2.000 orang. Dia bersyukur kegiatan berjalan lancar dan disambut gembira seluruh masyarakat. 

"Kita semua melihat bahwa acara ini bisa berjalan sukses berkat dukungan semua pihak. Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan partisipasinya," ujar Ady Candra. 

Ketua Kwarran Pramuka Baamang Dadang Siswanto mengatakan, suksesnya acara ini berkat dukungan TNI, Polri, masyarakat dan semua pihak. Kekompakan di semua bidang menjadi modal besar dalam menggelar acara semeriah ini. 

"Antusias masyarakat dan peserta sangat luar biasa. Ini menjawab dahaga rindu masyarakat terhadap acara seperti ini. Mudah-mudahan bisa terus kita laksanakan setiap tahun," demikian Dadang Siswanto yang juga anggota DPRD Kotawaringin Timur. 

Baca juga: Legislator Kotim dukung pembentukan Perda Kepemudaan

Baca juga: Guru eks tenaga kontrak di Kotim tetap bisa ikut seleksi PPPK

Baca juga: Bupati Kotim yakinkan sapi kurban bebas PMK