Legislator ingatkan warga untuk tingkatkan kewaspadaan terhadap wabahDBD

id Palangka Raya,Kalteng,Wabah DBD,Partai Amanat Nasional ,Zulkifli Hasan,Legislator,DPRD Kota Palangka Raya,Legislator Palangka Raya ingatkan warga untu

Legislator ingatkan warga untuk tingkatkan kewaspadaan terhadap wabahDBD

Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Jum'atni. ANTARA/Adi Wibowo 

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jum'atni mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang kapan saja bisa menyerang manusia. 

"Cuaca saat ini tidak menentu, terkadang hujan terkadang panas secara mendadak. Maka dari itu alangkah lebih baiknya kita mewaspadai wabah DBD yang dapat membahayakan kesehatan manusia itu," katanya saat dihubungi  di Palangka Raya, Senin. 

Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN)  Palangka Raya itu menuturkan, untuk membasmi wabah DBD tentunya warga agar membiasakan pola hidup sehat. 

Pola hidup sehat yang dilakukan seperti selalu membersihkan selokan di sekitar rumah, membersihkan sampah salah satunya botol, ember bekas serta lain sebagainya yang ada genangan air akibat air hujan. 

"Serta membiasakan pola hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan-makanan bervitamin. Biasakan tumpukan pakaian jangan sampai berada di dalam rumah, karena akan menjadi sarang nyamuk yang dapat membahayakan kesehatan manusia," ungkapnya. 

Anggota DPRD kota Palangka Raya yang hobi syair-syair dangdut dari Rhoma Irama itu menambahkan, agar lingkungan bersih dan tidak mudah terserang wabah DBD maka masyarakat setempat harus aktif dalam melaksanakan gotong royong, membersihkan kompleks. 

Dengan aktif membersihkan kompleks dari sampah rumah tangga dan sebagainya, maka wabah tersebut tidak akan muncul karena sudah diantisipasi oleh warga dengan cara membersihkan kompleks. 

"Sementara ini memang belum ada informasi masyarakat kita yang menjadi korban DBD hingga meninggal dunia, tetapi warga yang diduga terserang wabah tersebut ada," beber Jum'atni.

Selain itu, sambung politisi binaan Zulkifli Hasan itu, Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya disarankan agar gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait bahaya wabah tersebut. 

Sebab, dengan adanya sosialisasi itu tentunya menjadi pengingat warga dalam mewaspadai munculnya wabah tersebut apalagi kondisi cuaca saat ini sangat mendukung wabah tersebut muncul dan berkembang di kompleks pemukiman warga. 

"Harapan saya semoga wabah DBD tidak berkembang di kompleks  pemukiman warga, kemudian jangan sampai ada korban jiwa. Karena kalau sudah ada korban jiwa, maka status Kota Palangka Raya bisa menjadi kejadian luar biasa (KLB) dalam persoalan itu," demikian politisi dari partai yang memiliki lambang matahari putih itu.