Produk kerajinan tangan jadi unggulan Katingan di Kalteng Expo 2022

id Pemkab katingan, kasongan, expo kalteng 2022, produk kerajinan tangan katingan, perajin katingan, kalteng

Produk kerajinan tangan jadi unggulan Katingan di Kalteng Expo 2022

Anggota TP-PKK Pokja II Munawarah (kiri) bersama Kasubag Umum dan Kepagawaian Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Katingan Ritha Iriani (kedua kiri) di stan Katingan, Jumat (15/7/2022). (ANTARA/Fernando Rajagukguk)

Kasongan (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Katingan turut ambil bagian dalam Kalteng Expo 2022 yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang ke-65.
 
"Dalam pameran Kalteng Expo tahun ini stan Katingan diisi berbagai produk kerajinan tangan khas daerah," kata Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Katingan Henni melalui Kasubag Umum dan Kepegawaian Ritha Iriani di Palangka Raya, Jumat.
 
Dia menjelaskan pada hari pertama pembukaan hampir semua produk kerajinan tangan khas Katingan menjadi rebutan pengunjung expo.
 
Adapun produk kerajinan tangan yang dipasarkan di antaranya kerajinan berbahan kayu seperti ukiran berbentuk ikan, tombak dan mandau. Kerajinan berbahan rotan seperti tas tangan, hingga tudung saji. Kemudian benang bintik bermotif khas Katingan seperti buah durian.

Baca juga: Mantan kades di Katingan dituntut 4 tahun terkait korupsi DD Rp1,1 miliar
 
Selanjutnya kain tenun buatan penenun di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, berbagai jenis camilan seperti keripik pisang, ikan kering dan beras dari Pagatan Kecamatan Katingan Kuala. Selain itu juga ada teh bajakah asal Desa Karuing Kecamatan Mendawai, maupun madu kelulut binaan DLH Katingan.
 
"Tidak menyangka sampai hari keempat pameran produk kerajinan tangan khas Katingan hampir habis laku terjual. Mungkin karena kualitasnya yang baik dan harga yang terjangkau," ucapnya.
 
Di tempat yang sama pimpinan delegasi yang juga Kabag EKSDA Setda Katingan Markurius Abednego yang diwakili anggota TP-PKK Pokja II Munawarah mengatakan, sedikitnya 12 organisasi perangkat daerah yang ikut berpartisipasi mengisi stan Katingan termasuk Lapas Narkoba Kasongan.
 
Kerajinan tangan yang dipamerkan merupakan karya anggota Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) binaan TP-PKK Katingan, UMKM, Dekranasda, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Katingan, serta warga binaan Lapas Narkoba maupun pemangku kepentingan lain.
 
"Kami berharap kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan dilaksanakan karena sangat bermanfaat untuk mengenalkan sekaligus meningkatkan penjualan produk-produk kami," demikian Munawarah.
 
Sebelumnya Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo yang didampingi Sekretaris Daerah Nuryakin dan Forkopimda Kalteng membuka secara resmi Kalteng Expo 2022, Selasa (12/7/2022) malam. Kegiatan expo yang digelar di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya dilaksanakan mulai 12-16 Juli 2022.

Baca juga: Pembangunan monumen pahlawan nasional Tjilik Riwut dianggarkan Rp1,5 miliar

Baca juga: Sekda Katingan berharap program Smart City jangan tinggalkan kearifan lokal

Baca juga: Kejari Katingan musnahkan 321 gram lebih sabu-sabu