Pembangunan monumen pahlawan nasional Tjilik Riwut dianggarkan Rp1,5 miliar

id Pembangunan monumen pahlawan nasional Tjilik Riwut dianggarkan Rp1,5 miliar, kalteng, katingan, kasongan, sakariyas

Pembangunan monumen pahlawan nasional Tjilik Riwut dianggarkan Rp1,5 miliar

Bupati Katingan Sakariyas. ANTARA/Fernando Rajagukguk

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, menganggarkan dana sebesar Rp1,5 miliar untuk pembangunan baru monumen Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang roboh pada pertengahan Juni lalu.

"Kami telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk pembangunan monumen baru Pahlawan Nasional Tjilik Riwut," kata Bupati Katingan Sakariyas di Kasongan, Selasa.

Dia menjelaskan monumen Gubernur Kalimantan Tengah kedua periode 30 Juni 1958 - Februari 1967 akan dibangun dengan model baru dan megah. Khusus untuk pondasinya akan dirancang lebih kokoh dan kuat.

Dikatakannya monumen tokoh Kalteng yang juga putra daerah asli Katingan yang baru akan tetap berdiri dengan gagah di lokasi yang sama persis di tengah-tengah bundaran besar di depan kantor Bupati Katingan di jantung kota Kasongan.

"Semuanya baru. Bukan hanya patung beliau tapi juga secara keseluruhan akan diperbaharui dan direnovasi," ucapnya.

Baca juga: Sekda Katingan berharap program Smart City jangan tinggalkan kearifan lokal

Orang nomor satu di Katingan itu membeberkan saat ini pihaknya secara intensif mempersiapkan berbagai. Hal itu dimaksudkan untuk mematangkan perencanaan pembangunannya.

Pihaknya juga telah berdiskusi dengan pihak keluarga dan anak-anak Pahlawan Nasional Tjilik Riwut. Bahkan pihaknya juga akan mengundang tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk membicarakan profil dan bentuk patung seperti apa nantinya yang akan dibangun.

Dia menyampaikan salah satu upaya mematangkan rencana pembangunan monumen baru tokoh Kalteng tersebut pihaknya telah menggelar rapat membahas rencana pembangunan monumen pahlawan nasional Tjilik Riwut yang dilaksanakan di ruang rapat bupati pada Senin (11/7/2022) mulai pukul 10.30 WIB.

Harapannya, monumen baru yang dirancang sedemikian rupa itu memiliki fungsi sebagai pengingat dan menginspirasi generasi muda terhadap sejarah kepahlawanan Tjilik Riwut. Fungsi lainnya membentuk ruang publik yang indah, rapih dan nyaman yang menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Kalteng khususnya Katingan. 

"Dengan dukungan dan doa masyarakat Katingan rencana pembangunan monumen Pahlawan Nasional Tjilik Riwut akan selesai pada tahun 2022 ini," demikian Sakariyas.

Baca juga: Kejari Katingan musnahkan 321 gram lebih sabu-sabu

Baca juga: Katingan terima 15 ekor sapi kurban dari pemprov

Baca juga: Bank Kalteng Cabang Kasongan serahkan lima sapi kurban