Katingan terima 15 ekor sapi kurban dari pemprov

id Pemkab katingan, hari raya idul adha, hari raya haji, hari raya kurban, hewan kurban, pmk, penyakit mulut dan kuku, hewan kurban katingan, kasongan, k

Katingan terima 15 ekor sapi kurban dari pemprov

Sekretaris Daerah Katingan Pransang (ujung kiri) menerima secara simbolis bantuan 15 ekor sapi kurban dari Pemprov Kalteng yang diserahkan oleh Staf Ahli Gubernur Suhaemi di Masjid Ainul Yaqin Kasongan, Jumat (8/7/2022). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kasongan (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Katingan yang diwakili Sekretaris Daerah Pransang menerima bantuan 15 ekor sapi kurban dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.
 
"Semoga bantuan hewan kurban ini bermamfaat bagi warga yang membutuhkan. Atas nama masyarakat Katingan, kami sampaikan ucapan terima kepada gubernur atas perhatian dan bantuan 15 ekor sapi kurban ini," kata Pransang di Kasongan, Sabtu.
 
Dia menyampaikan ke-15 ekor sapi tersebut langsung disalurkan ke pengurus rumah-rumah ibadah seperti masjid dan mushola yang ada di daerah tersebut. Hewan-hewan kurban itu juga akan dibagikan untuk pondok pesantren dan panti asuhan.
 
Diharapkan panitia pelaksanaan kurban memerhatikan prosedur penyembelihan dan pembagian daging kurban menggunakan plastik bening. Hal itu dimaksudkan agar lebih aman dari sisi kesehatan.
 
"Diharapkan pelaksanaan kurban sesuai standar prosedur penyembelihan dan pembagian hewan kurban serta mengikuti prosedur kesehatan COVID-19," ucapnya.

Baca juga: Bank Kalteng Cabang Kasongan serahkan lima sapi kurban
 
Sementara itu Gubernur Kalimantan Tengah melalui Staf Ahli Gubernur Suhaemi mengatakan, pada perayaan Idul Adha tahun ini Pemprov Kalteng menyalurkan bantuan hewan kurban sebanyak 416 ekor sapi. Hewan kurban didistribusikan kepada 14 kabupaten dan kota se-Kalimantan Tengah.
 
"Penyerahan ini sebagai bentuk kepedulian Pemprov Kalteng kepada masyarakat, khususnya umat islam yang akan merayakan Hari Raya Idul Adha," katanya.
 
Suhaemi yang pernah menjabat Kepala Dinas PMPTSP Kalteng itu menjelaskan bantuan hewan kurban yang disalurkan telah melalui pemeriksaan kesehatan oleh pihak terkait. Hewan kurban telah bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).
 
"Insha Allah semua hewan kurban yang disalurkan terbebas dari PMK sehingga aman untuk dikonsumsi," demikian Suhaemi.
 
Sebelumnya Sekretaris Daerah Katingan Pransang menerima secara simbolis bantuan 15 ekor sapi kurban dari Pemprov Kalteng yang diserahkan oleh Staf Ahli Gubernur Kalteng Suhaemi dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1443 H di Masjid Ainul Yaqin Kasongan, Jumat (8/7).
 
Turut hadir dua orang anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing dan Sengkon, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Katingan, Kepala Bagian Kesra, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Baca juga: Jamaah haji Katingan dijadwalkan tiba di Kasongan 2 Agustus

Baca juga: Pemkab Katingan utamakan penggunaan produk UKM

Baca juga: Katingan fokuskan aksi pangan dan gizi untuk tekan angka stunting