PLN siagakan 117 personel untuk sukseskan kejuaraan dunia sepeda 2022

id PLN siagakan 117 personel untuk sukseskan kejuaraan dunia sepeda 2022, kalteng, palangka raya, uci mtb,pln wilayah kalselteng,kejuaraan dunia sepeda,s

PLN siagakan 117 personel untuk sukseskan kejuaraan dunia sepeda 2022

Petugas PLN mengikuti apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka menyukseskan UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Palangka Raya, Senin (25/7/2022). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya  (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN IUW Kalselteng) menyiagakan 117 personel guna memastikan pasokan listrik di Palangka Raya aman saat Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Gunung atau UCI MTB Eliminator World Cup 2022.

"PLN siap menyukseskan acara ini. Kami siapkan lima pasukan khusus dari tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) dengan jumlah 117 personel," kata Senior Manager Distribusi PLN UIW Kalselteng Erwin Gunawan di Palangka Raya, Senin.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan 15 kendaraan khusus, 15 unit gardu bergerak, "Uninterruptible Power Supply" atau sebanyak empat unit yang terdiri dari dua unit dari Palangka Raya dan dua unit didatangkan dari Provinsi Kalimantan Selatan.

"Selain itu kami juga menyiagakan 38 "mobile" genset. Dan sejak hari ini tim mulai melakukan persiapan dimulai dari pengecekan dan pemeliharaan jaringan," kata Erwin.

Dia menegaskan bahwa PLN IUW Kalselteng sangat siap berperan dalam menyukseskan ajang balap sepeda gunung kelas dunia tersebut. Sistem PLN khususnya di wilayah Kalteng, mulai dari pembangkitan, transmisi dan distribusi telah siap.

Baca juga: Pembangunan arena Kejuaraan dunia sepeda MTB di Palangka Raya capai 80 persen

Baca juga: Disdagperin: Kejuaraan dunia sepeda jadi sarana promosi IKM

Baca juga: Piala Dunia Balap Sepeda 2022 siap digelar di Palangka Raya


Erwin mengatakan, sistem interkoneksi PLN di wilayah Kalimantan Timur-Kalimantan Selatan-Kalimantan Tengah (Kaltimselteng) memiliki daya sebesar 1.705 megawatt. Sementara beban puncak berada di angka 1.200 megawatt.

"Artinya kita masuk memiliki cadangan daya kelistrikan yang masih lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah kerja. Termasuk di Kota Palangka Raya saat UCI MTB Eliminator World Cup 2022 digelar," katanya.

Dalam rangka menyukseskan kegiatan olah raga bertaraf internasional di "Kota Cantik" yang diikuti diikuti 32 negara itu, PLN IUW Kalselteng juga telah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

"Secara sistem kami juga sudah bangun sistem pengamanan yang mengarah ke 'zero down time'. Kemudian, juga didukung dengan sistem dan peralatan pendukung dalam jaringan kelistrikan. Salah satunya adalah Load Break Switch (LBS) Three Way," kata pada acara apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka menyukseskan UCI MTB Eliminator World Cup 2022.

Baca juga: Legislator: Kaji ulang rencana pemberlakuan BBM menggunakan aplikasi

Baca juga: Sekolah di Palangka Raya diminta perketat prokes saat belajar tatap muka

Baca juga: PDAM Palangka Raya sediakan 817 sambungan gratis ke masyarakat

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Kalteng ikuti pelantikan PAW MPWN-MKN