Ini tanggapan Bupati Bartim atas pandangan umum fraksi pendukung DPRD

id Tanggapan fraksi dprd bartim, Pemkab bartim, bupati bartim, ampera ay mebas, tamiang layang, barito timur, bartim

Ini tanggapan Bupati Bartim atas pandangan umum fraksi pendukung DPRD

Bupati Bartim, Ampera AY Mebas. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menyampaikan tanggapan terhadap pemandangan umum fraksi pendukung DPRD atas pengajuan Nota Keuangan dan Raperda Perubahan APBD TA 2022.

“Kami juga berterima kasih atas saran pendapat dan tanggapan fraksi pendukung dewan,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Rabu.

Ampera juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua fraksi pendukung dewan DPRD Barito Timur yang telah menerima pengajuan Nota Keuangan dan Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 2022 untuk dibahas lebih lanjut

Menanggapi Fraksi Partai Golkar terkait kendala penurunan target Pendapatan Asli Daerah dalam perubahan APBD Kabupaten Barito Timur 2022, Ampera menyampaikan, hal tersebut dikarenakan masih terbatasnya sumber PAD serta kondisi perekonomian yang mengalami penurunan.

Ampera sepakat Bapenda Barito Timur berupaya memacu dan menggali sumber-sumber PAD yang ada, serta perlu kerja sama dan dukungan penuh dari DPRD Barito Timur dalam bentuk pengawasan maupun penyusunan regulasi sesuai ketentuan yang diatur dalam undang-undang tentang pajak daerah dan retribusi.

Baca juga: DPRD Bartim berharap kenaikan harga BBM tak terlalu berdampak ke proyek infrastruktur

Dia menyatakan sepakat atas saran untuk menjaga situasi kondusif melalui pembangunan politik, hukum, pertahanan dan keamanan seperti yang disampaikan Fraksi PKPI dalam pemandangan umm sebelumnya.

Dukungan DPRD Barito Timur melalui Perda Persetujuan Bangunan dan Gedung (PBG) dan Perda inisiatif DPRD tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan untuk meningkatkan sumber PAD juga diapresiasi orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur tersebut.

“Kami akan berupaya agar belanja, mulai proses perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan memerhatikan aspek efektivitas, efisiensi, transparan dan akuntabel sebagaimana keinginan Fraksi PKPI,” kata Ampera.

Dalam penanggulangan dampak kenaikan harga minyak goreng dan BBM bersubsidi, dia mengatakan pemerintah daerah akan menganggarkan langkah pengendalian pada perubahan APBD melalui program maupun kegiatan untuk menanggulangi dampak inflasi sesuai aturan dan ketentuan.

Ampera juga mengapresiasi saran Fraksi Partai Demokrat  agar pemerintah daerah lebih proaktif serta menyusun program untuk pengembangan sektor pariwisata di Barito Timur.

Dia juga menyambut baik masukan Fraksi Partai Demokrat untuk menjaga stabilitas harga pangan pasca panen pada sektor pertanian dan meningkatkan akses permodalan bagi pelaku UMKM di Barito Timur.

Bupati Ampera juga sepakat atas usulan penerapan struktur APBD dalam upaya menjaga stabilitas pelayanan kesehatan, pendidikan, penyediaan lapangan kerja dan peningkatan pembangunan bidang infrastruktur di tingkat desa sesuai RPJMD Barito Timur 2018-2023 sebagaimana pandangan umum Fraksi PDI Perjuangan.

Dia menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Fraksi Indonesia Bangkit yang diberikan sehingga dalam penetapan prioritas belanja tetap mengacu pada peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Tujuh Fraksi DPRD Bartim sampaikan pemandangan umum

Baca juga: Warga Bartim diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan

Baca juga: Pemkab Bartim verifikasi CPCL pengembangan sawit masyarakat