Pemprov tingkatkan kemampuan fotografi ASN tunjang pengembangan ekraf

id Fotografi ASN, ekraf dan pariwisata, ekonomi kreatif, promosi pariwisata, ASN pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov tingkatkan kemampuan fotografi ASN tunjang pengembangan ekraf

Dokumentasi - Perajin menyelesaikan pembuatan miniatur lampu lenit Baduy di Kriya Bambu Lebak (Kabale). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/nym)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memacu aparatur sipil negara (ASN) meningkatkan kemampuan di bidang fotografi untuk menunjang pengembangan sektor ekonomi kreatif maupun pariwisata di wilayah setempat.
 
"Fotografi dalam era digital untuk menunjang kinerja pemerintah daerah dalam mempromosikan ekonomi kreatif maupun pariwisata," kata Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko, mewakili Sekda Nuryakin di Palangka Raya, Rabu.
 
Dia mengatakan, keberhasilan pembangunan ekraf maupun pariwisata, salah satunya ditentukan keberhasilan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yaitu ASN. Dalam hal ini untuk mempromosikan produk atau mengoptimalkan kinerja pemasaran kedua sektor ini.
 
Peningkatan kapasitas SDM ekonomi kreatif merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif. Maka optimalisasi kreativitas SDM berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi perlu disiapkan agar mampu memenangkan persaingan di pasar global.

Baca juga: DPRD Seruyan dukung rencana pemprov menaikkan tipe RSUD Hanau
 
Oleh karenanya pemerintah provinsi melaksanakan pelatihan gerakan usaha kreatif bagi ASN pada subsektor fotografi yang berakhir pada hari ini. Pelatihan ini diharap mampu meningkatkan kapasitas ASN.
 
Adapun sektor ekonomi kreatif dan pariwisata menjadi salah satu prioritas untuk dikembangkan oleh pemerintah provinsi pasca dua tahun terdampak pandemi COVID-19. 
 
"Ini momentum tepat untuk berupaya bersama-sama agar sektor ekonomi kreatif dan pariwisata dapat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat," tegasnya.
 
Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Adiah Candra mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan ASN bidang ekonomi kreatif subsektor fotografi. 
 
"Selain itu bertujuan untuk memberikan wadah bagi ASN meningkatkan kemampuan di daerah dalam melaksanakan strategi usaha kreatif. Termasuk meningkatkan kemampuan ASN dalam melakukan pembinaan terhadap pelaku ekonomi kreatif," tuturnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng bantu pelaku usaha transportasi tekan inflasi

Baca juga: Pemprov dan dua kabupaten di Kalteng raih penghargaan dalam ajang BKN Award

Baca juga: Sekda Kalteng pantau ketersediaan kebutuhan pokok di Palangka Raya