Sekda Kalteng pantau ketersediaan kebutuhan pokok di Palangka Raya

id Pemprov kalteng, sekda kalteng nuryakin tinjau pasar, peninjauan pasar, inflasi, bapok, barang kebutuhan pokok, kalteng, kalimantan tengah

Sekda Kalteng pantau ketersediaan kebutuhan pokok di Palangka Raya

Sekda Kalteng Nuryakin beserta jajaran memantau ketersediaan bapok dan lainnya di pasar, Palangka Raya, Minggu, (2/10). (ANTARA/HO-Biro Adpim Setda Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin beserta jajaran memantau ketersediaan barang kebutuhan pokok atau bapok pada sejumlah pasar di Kota Palangka Raya, Minggu.
 
Nuryakin di sela pemantauan, mengatakan, ketersediaan bapok aman dan melalui berbagai upaya dan program yang dilaksanakan hingga saat ini, pemerintah selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.
 
"Daya beli masyarakat turun tidak juga, karena pertumbuhan ekonomi kita cukup bagus, ya," katanya.
 
Nuryakin memimpin Tim Satgas Pangan bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melaksanakan operasi pasar untuk memantau pasokan maupun harga bapok.
 
Dia menjabarkan, operasi pemantauan pasar ini digelar dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan, ketersediaan maupun harga bahan pangan, sebagai bagian dari upaya Pemprov Kalteng untuk terus menekan inflasi, khususnya dengan adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).
 
Adapun pemantauan diawali dengan meninjau Pasar Besar Palangka Raya, dilanjutkan ke Kompleks pertokoan Gas Elpiji di Jalan S. Parman, serta diakhiri di Pasar Kahayan.
 
"Dalam pemantauan dijumpai adanya bapok yang harganya turun, meski memang ada pula yang naik seperti beras, tetapi tidak signifikan. Tetapi ketersediaan bapok dipastikan aman," jelasnya.

Baca juga: Disdagperin Kalteng bina IKM dukung pengembangan kerajinan anyaman purun
 
Tampak mendampingi Sekda, di antaranya Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Riza Rahmadi, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Aster Bonawaty, serta kepala perangkat daerah dan instansi terkait lainnya.
 
Sementara itu, pada hari ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga menggelar pasar murah sebagai salah satu upaya menekan inflasi maupun menanggulangi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).
 
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng Aster Bonawaty mengatakan, salah satu pasar murah yang digelar hari ini yakni di Kelurahan Marang, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.
 
"Pasar murah ini merupakan kegiatan operasi pasar yang dilaksanakan pemerintah provinsi. Selain di sini, sebelumnya pasar murah maupun pasar penyeimbang juga telah dilaksanakan di berbagai kota atau kabupaten lain di Kalteng," jelasnya.
 
Aster menjelaskan, paket sembako murah yang tersedia dalam gelaran pasar murah ini, sebanyak 300 paket. Per paket senilai Rp150 ribu, namun mendapatkan subsidi oleh Pemprov Kalteng sebesar Rp100 ribu per paket. Setiap paket berisi beras, minyak goreng dan lainnya.
 
"Sehingga masyarakat hanya membayar Rp50 ribu saja per paketnya dalam gelaran pasar murah ini," ucapnya.

Baca juga: Pasar murah Pemprov Kalteng sasar Kelurahan Marang

Baca juga: Pemprov Kalteng ajak generasi muda memperdalam nilai-nilai Pancasila

Baca juga: Pemprov-MES Kalteng bersinergi perkuat ekonomi masyarakat