Disdagperin Kalteng bina IKM dukung pengembangan kerajinan anyaman purun

id Disdagperin kalteng, aster bonawaty, kerajinan anyaman purun kalteng, ikm, industri kecil menengah, pemprov kalteng, dek

Disdagperin Kalteng bina IKM dukung pengembangan kerajinan anyaman purun

Kadisdagperin Kalteng Aster Bonawaty (baju merah) mendampingi pelaku IKM dalam bimtek anyaman purun di Palangka Raya, Minggu, (2/10). (ANTARA/Ho-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalimantan Tengah bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) melaksanakan pembinaan dan pendampingan kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk pengembangan kerajinan anyaman purun.
 
"Melalui pendampingan dan pembinaan berupa kegiatan bimbingan teknis (bimtek) seperti ini, kami ingin meningkatkan daya saing dan inovasi produk para IKM, khususnya kerajinan purun," kata Kadisdagperin Kalteng Aster Bonawaty di Palangka Raya, Minggu.
 
Hal ini dilakukan karena kerajinan purun merupakan salah satu produk dari IKM di Kalteng yang masih sangat potensial untuk terus dikembangkan, melalui sentuhan inovasi maupun kreasi baru dari para perajin.
 
Untuk itu gelaran bimbingan teknis pelaku IKM anyaman purun ini dilaksanakan hingga 4 Oktober 2022 mendatang, dengan mendatangkan instruktur dari Pusat Anyaman Indonesia Yogyakarta.
 
"Kami harapkan kesempatan ini bisa dimanfaatkan peserta kegiatan untuk semakin berkembang serta meningkatkan inovasi dan kreasi yang dimiliki dalam pengerjaan berbagai produk anyaman purun kedepannya," ucap Aster
 
Dia menjelaskan peserta bimtek ini berjumlah 15 orang yang berasal dari Kota Palangka Raya. Para peserta yang sudah dilatih akan membentuk kelompok dan pihaknya akan terus melaksanakan pendampingan.
 
"Harapannya selain untuk melestarikan kearifan lokal, khususnya purun, kita juga akan terus menggali semua yang merupakan potensi daerah di Kalteng," terang Aster.
Kadisdagperin Kalteng Aster Bonawaty bersama instruktur dan pelaku IKM dalam bimtek anyaman purun di Palangka Raya, Minggu, (2/10). (ANTARA/Ho-Diskominfosantik Kalteng) (ANTARA/Ho-Diskominfosantik Kalteng)
 
Sementara itu Siswanto selaku instruktur dari Pusat Anyaman Indonesia Yogyakarta mengakui purun yang ada di Kalteng sangatlah bagus. Hanya saja harus dibuat produk yang inovatif sehingga bisa lebih dikenal di luar daerah atau provinsi lainnya.

Baca juga: Pasar murah Pemprov Kalteng sasar Kelurahan Marang
 
"Saya mengajari bagaimana cara membuat home decor dan juga souvenir dari bahan purun ini," ujarnya.
 
Selain bimtek untuk peningkatan SDM. Hal lain yang juga sudah dilakukan Pemprov Kalteng yakni mendukung perluasan jangkauan pasar dari produk IKM melalui platform digital yakni e-commerce tokokaltengberkah.com.
 
Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran sebelumnya menjelaskan inovasi ini seiring transformasi ke arah digital untuk memfasilitasi perajin dan IKM se-Kalteng memasarkan dan mempromosikan produknya secara daring. "Pengembangan tokokaltengberkah.com ini didukung sepenuhnya oleh pemprov," katanya.
 
Masyarakat bisa mengakses tokokaltengberkah.com dan mencari berbagai produk perajin dan IKM Kalteng, mulai dari herbal, ragam kerajinan, makanan, aksesoris, tas, batik, hingga batik.
 
Tak hanya berkaitan tentang promosi dan jual beli produk milik perajin dan IKM, dalam e-commerce ini dalam pengembangannya juga menyediakan informasi lainnya, seperti informasi seputar pariwisata daerah.

Baca juga: Pemprov Kalteng ajak generasi muda memperdalam nilai-nilai Pancasila

Baca juga: Pemprov-MES Kalteng bersinergi perkuat ekonomi masyarakat

Baca juga: Pemprov Kalteng maksimalkan kegiatan pendukung pergerakan ekonomi daerah