Sumatera Selatan tuan rumah MXGP 2023

id mxgp,sumatera selatan,tuang rumah,2023,imi pusat,motocross grand prix

Sumatera Selatan tuan rumah MXGP 2023

Pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing asal Peranscis Tom Vialle melakukan selebrasi saat memenangkan balapan pada seri ke-12 kejuaraan dunia motocross kelas MX2 Samota 2022 di Rocket Motor Circuit, Sumbawa, NTB, Minggu (26/6/2022). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

Palembang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Selatan kembali dipercaya menjadi tuan rumah salah satu seri kejuaraan dunia Motorcross Grand Prix (MXGP) 2023 setelah dinilai sukses saat menggelar ajang serupa pada 2019.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan organisasinya kembali membidik ajang skala internasional setelah pandemi COVID-19 berakhir.

"Sumsel ini sudah teruji dan terpercaya mampu menjadi penyelenggara ajang olahraga internasional. Untuk itu, kami menilai Sumsel layak dipilih kembali," kata Bambang setelah melantik Pengurus Provinsi IMI Sumsel periode tahun 2022-2026 di Palembang, Minggu.

Ketua Umum Pengurus Provinsi IMI Sumsel terpilih yakni Alfian Maskoni, Ketua Harian RM Taufik Husni, Sekretaris Chandra, Wakil Sekretaris I Lanosin Hamzah dan Bendahara Meina Paloh.



Dalam sambutannya, Bambang yang juga Ketua MPR RI mengatakan tak mengira penggemar otomotif di Sumsel terbilang luar biasa.

Oleh karena itu dalam waktu dekat, Sumsel berencana membangun sirkuit skala internasional di Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City dengan luas area mencapai 100 hektare.

PP IMI berharap sirkuit itu segera dibangun sehingga Indonesia semakin dipandang di dunia internasional di bidang olahraga otomotif.

Apalagi Indonesia sudah menargetkan renovasi Sirkuit Sentul dan pembangunan sirkuit di Bintan.

"Sarana dan prasarana di sini (Palembang) sudah memadai, tinggal mencari sponsor," kata Bambang.

Ke depan, Sumsel diharapkan segera menggandeng konsultan internasional untuk membuat desain sirkuit agar dapat menggaet para investor dan sponsor.

Dengan banyak sirkuit di Indonesia maka penyelenggaraan event otomotif baik skala nasional maupun internasional dapat disebar ke daerah-daerah.

"Salah satunya MXGP, nanti selain di NTB ada juga ada Sumsel tuan rumah, serta Kejurnas memperebutkan piala Presiden," kata Bambang.

Baca juga: Bagnaia juara dunia MotoGP 2022

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan dirinya berharap Ketua IMI Pusat memberikan perhatian lebih ke Sumsel dengan mendukung berbagai kegiatan otomotif di Bumi Sriwijaya.

Tak hanya itu, Ia juga berharap berbagai acara nasional maupun internasional yang berkaitan dengan otomotif dapat digelar di Sumsel.

Selain menambah semangat para pecinta otomotif di Sumsel, juga dapat bermanfaat memulihkan ekonomi pasca Pandemi COVID-19.

"Kami bisa bekerja sama dengan IMI menjadikan event ini sebagai pemulihan ekonomi. Seperti dalam dalam waktu dekat akan diselenggarakan Sriwijaya Ranau Grand Fondo (SRGF)," kata dia.

Baca juga: Tim Gajser sapu bersih dua race seri MXGP Indonesia