Bupati Katingan harap gerakan PKK selalu berpihak kepada keluarga dan masyarakat

id Bupati Katingan,Sakariyas,gerakan PKK,PKK Katingan,Katingan,Kasongan,Kalteng,GPU Salawah Kasongan

Bupati Katingan harap gerakan PKK selalu berpihak kepada keluarga dan masyarakat

Bupati Katingan, Sakariyas memberikan piala kepada pemenang lomba seusai membuka rapat konsultasi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Katingan tahun 2022 di GPU Salawah Kasongan, Senin (14/11/2022). ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Kalimantan Tengah Sakariyas mengatakan, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat meski demikian keluarga mempunyai peranan besar dalam proses pembangunan.

"Kondisi suatu keluarga juga dapat dijadikan tolak ukur terhadap kesejahteraan masyarakat," kata Sakariyas di Kasongan, Selasa.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka rapat konsultasi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Katingan 2022 yang dilaksanakan di GPU Salawah Kasongan.

Dia menjelaskan salah satu tujuan dari dibentuknya gerakan PKK adalah untuk membina keluarga-keluarga secara langsung yang menjangkau sasaran sebanyak mungkin dengan pengelolaan dan pelaksanaannya oleh TP PKK di setiap jenjang.

"Gerakan PKK pada hakikatnya merupakan gerakan masyarakat yang dituntut untuk menumbuhkembangkan sikap, perilaku dan kemandirian baik pribadi, keluarga maupun masyarakat," ucapnya.

Menurutnya dengan usianya yang telah mencapai setengah abad, gerakan PKK senantiasa diharapkan dapat menggerakkan peran serta keluarga-keluarga dan masyarakat secara keseluruhan.

Dengan demikian para keluarga akan lebih tahu, lebih mau dan lebih mampu meningkatkan kesejahteraan hidup dan penghidupannya. Pada akhirnya setiap keluarga dapat menjadi benteng utama dan pertama bagi ketahanan keluarga dalam artian yang lebih luas.

"Ketahanan keluarga yang dimaksud adalah suatu kondisi di mana setiap anggota keluarga mempunyai kemauan dan kemampuan secara kolektif dalam memilah dan memilih mana hal yang baik dan yang buruk," tuturnya.

Lebih lanjut pria yang pernah menjabat Kepala Bank Kalteng Cabang Kasongan itu mengatakan program kerja yang dilaksanakan oleh TP PKK harus sejalan dengan program pemerintah daerah. Artinya program dan kegiatan TP-PKK mesti masuk dalam sistem dan mekanisme kebijakan program pemerintah.

"Saya berharap gerakan PKK selalu berpihak kepada keluarga dan masyarakat, selalu berkarya dan bergerak maju demi kemajuan daerah yang kita cintai ini," tutur Sakariyas.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Katingan Daurawaty Sakariyas menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu program TP PPK Katingan yang dilaksanakan pada setiap jenjang. Pesertanya terdiri dari ketua, sekretaris dan ketua pokja TP PKK tingkat kecamatan se-Katingan.

"Tujuan rapat konsultasi ini yakni untuk menselaraskan antara program kerja TP PKK dengan program pemerintah daerah yang akan dilaksanakan pada tahun depan," demikian Daurawaty Sakariyas.