Kodim 1019 Katingan diresmikan, Bupati berharap pemda dibantu dalam pembangunan

id Pangdam XII Tanjung Pura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, Kodim 1019 Katingan diresmikan, Kodim Katingan, katingan, kalimantan tengah, kalteng, Bupati Ka

Kodim 1019 Katingan diresmikan, Bupati berharap pemda dibantu dalam pembangunan

Bupati Katingan Sakariyas (dua dari kiri) mendampingi Pangdam XII Tanjung Pura Mayjen TNI Sulaiman Agusto (dua dari kanan) dalam acara peresmian Kodim 1019/Katingan di Kasongan, Selasa (6/12/2022). ANTARA/HO-Satpol PP-PK Katingan.

Kasongan (ANTARA) - Pangdam XII Tanjung Pura Mayjen TNI Sulaiman Agusto memimpin langsung peresmian Komando Distrik Militer (Kodim) 1019/Katingan sekaligus melantik Letkol Infanteri Anggun Wuriyanto sebagai Komandan Kodim (Dandim) setempat.

"Pemerintah daerah menyambut baik diresmikannya Kodim 1019/Katingan, semoga kehadirannya dapat membantu pemerintah daerah," kata Bupati Katingan Sakariyas seusai mengikuti acara tersebut di Kasongan, Selasa.

Dituturkannya, sebelum Kodim 1019/Katingan diresmikan, kerja sama yang terjalin antara pihaknya dengan TNI melalui Perwira Penghubung (Pabung) Katingan pada Kodim 1015/Sampit  selama ini sangat kental.

Sinergitas dan kolaborasi kedua belah pihak bersama pemangku kepentingan lain terajut baik diantaranya ketika menanggulangi Pandemi COVID-19 dan bencana banjir serta karhutla. Harapannya sinergitas dan koloborasi dengan Dandim 1019/Katingan semakin baik ke depannya

"Dengan adanya perubahan dari Pabung menjadi Kodim tentunya memiliki dampak yang lebih besar lagi dalam mendukung pembangunan daerah karena ditunjang dengan jumlah personel yang lebih banyak dan sarana prasarana yang lebih lengkap," kata Sakariyas.

Sementara itu, Dandim 1019/Katingan Letkol Infanteri Anggun Wuriyanto mengatakan, sinergitas dan kolaborasi yang telah terjalin baik selama ini antara Pabung dengan pemerintah daerah akan terus ditingkatkan oleh pihaknya terutama dalam bidang keamanan dan ketertiban.

Menurutnya tingkat keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Katingan masih kondusif. Meski demikian, pihaknya tetap bersiaga terutama menghadapi pilpres, pileg dan pilkada serentak 2024.

"Kehadiran kami disini untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi pemerintah daerah dan masyarakat Katingan," tutur pejabat TNI AD penyandang pangkat dua melati itu.

Baca juga: Katingan terima kucuran dana Rp1,21 triliun

Pihaknya juga akan merajut kerja sama dengan Polres Katingan dalam pencegahan dan penertiban penyakit masyarakat (pekat) dan pemberantasan peredaran gelap narkotika dan obat-obatan terlarang.

Sesuai dengan koordinasi yang dilakukan dengan Polres Katingan, ada beberapa hal yang memang memerlukan bantuan pihaknya. Salah satu yang menjadi prioritas adalah  peredaran narkotika dan  obat-obatan terlarang yang sudah jauh masuk pelosok Katingan.

"Semoga kehadiran kami dapat membantu pemerintah daerah dalam menghadapi berbagai persoalan yang terjadi di Katingan serta mendukung Polri menciptakan suasana yang aman termasuk upaya pemberantasan narkotika," demikian Letkol Infanteri Anggun Wuriyanto.

Tampak hadir dalam acara itu diantaranya Kapolda Kalteng Irjen Pol. Nanang Avianto, Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, Kajati Kalteng Pathor Rahman, Wabup Katingan Sunardi NT. Litang, Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto, Kapolres Katingan AKBP P. Sonny Bhakti W dan Forkopimda Katingan lain serta para Kepala OPD Katingan.

Baca juga: Bupati Katingan harapkan Forsesdasi jaga kestabilan pemerintah selama pilkada

Baca juga: Bupati Katingan minta perusahaan optimal realisasikan CSR

Baca juga: Bupati Katingan ajak masyarakat gemar mengonsumsi ikan