Bupati Katingan harapkan Forsesdasi jaga kestabilan pemerintah selama pilkada

id Pemkab katingan, bupati katingan sakariyas, forsesdasi, forum sekda indonesia, kalteng, kalimantan tengah, pemilu 2024, pilkada serentak 2024, kasonga

Bupati Katingan harapkan Forsesdasi jaga kestabilan pemerintah selama pilkada

Bupati Katingan, Sakariyas membuka rapat kerja Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Kalimantan Tengah 2022 yang digelar di Palangka Raya, Selasa (29/11/2022). (ANTARA/Fernando Rajagukguk)

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Sakariyas mengharapkan para sekretaris daerah (sekda) yang tergabung dalam Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Kalimantan Tengah, merumuskan strategi untuk menjaga kestabilan pemerintah di daerah selama pilkada serentak pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Selain itu diharapkan juga mereka bisa mengidentifikasi dan memberi solusi setiap isu strategis menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2024," kata Sakariyas di Palangka Raya, Selasa.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka rapat kerja Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Kalimantan Tengah 2022 bertema 'Peran Sekretaris Daerah Menjelang Pilkada Serentak Tahun 2024'. Pada raker kali ini, Katingan bertindak sebagai tuan rumah.

Menurutnya sekda mempunyai peran yang sangat penting dalam keberhasilan pembangunan daerah masing-masing. Oleh karena itu seluruh sekda kabupaten/kota di Kalimantan Tengah diminta senantiasa menjalin komunikasi yang baik, bekerja sama dan selalu kompak.

Peran-peran penting itu di antaranya perumusan kebijakan, koordinasi, pelaksanaan tugas, pelayanan administrasi serta upaya menyejahterakan ASN. Peran yang ada akan berhasil jika dilaksanakan dengan profesional dan penuh integritas.

"Keberhasilan pelayanan publik di daerah lain dapat dijadikan contoh atau diadopsi untuk kemajuan daerah masing-masing seperti Katingan," ucapnya.

Baca juga: Bupati Katingan minta perusahaan optimal realisasikan CSR

Sehubungan kegiatan tersebut dilaksanakan di Palangka Raya bukannya di Kasongan, dia menyampaikan hal itu semata-mata untuk memberi layanan terbaik sebagai tuan rumah bagi anggota dan pengurus Komisariat Wilayah Forsesdasi Kalimantan Tengah.

Orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini berharap rapat kerja tersebut menghasilkan suatu rekomendasi kepada pemerintah pusat, untuk ditindaklanjuti dengan melakukan revisi terhadap ketentuan perundang-undangan terkait pemerintahan di daerah.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Katingan, Pransang menyampaikan Forsesdasi merupakan forum komunikasi antar sekda provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk mendukung kelancaran tugas dan fungsi sekda dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Penunjukkan Katingan sebagai tuan rumah berdasarkan hasil rapat kerja Komisariat Wilayah Forsesdasi Kalimantan Tengah pada 28 Oktober 2021 di Palangka Raya dan Surat Gubernur Kalimantan Tengah Nomor: 005/53/Bag.I/ORG tanggal 21 November 2022 perihal undangan rapat kerja Komisariat Wilayah Forsesdasi Kalimantan Tengah 2022.

"Rapat ini bertujuan untuk merumuskan kebijakan strategis dalam rangka tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik dengan meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pemerintah daerah, serta menjaga kestabilan pemerintahan di segala aspek menjelang pilkada serentak 2024," demikian Pransang.

Baca juga: Bupati Katingan ajak masyarakat gemar mengonsumsi ikan