ANTARA berikan pelatihan jurnalistik pada puluhan mahasiswa di Palangka Raya

id Antara kalteng, pelatihan jurnalistik antara, antara, kalteng, mahasiswa, bank kalteng, imk, kalimantan tengah, palangka raya

ANTARA berikan pelatihan jurnalistik pada puluhan mahasiswa di Palangka Raya

ANTARA Kalteng latih jurnalistik 70 mahasiswa di Palangka Raya, Selasa (6/12/2022). (ANTARA/Tim Dokumentasi ANTARA Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah (ANTARA Kalteng), pada Selasa di Aula Diklat Bank Kalteng, Kota Palangka Raya menggelar pelatihan jurnalistik kepada 70 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

"Menyikapi perkembangan teknologi dan informasi saat ini, maka kami merasa perlu meningkatkan pengetahuan para mahasiswa terkait jurnalistik serta pemanfaatan media sosial secara bijak," kata Kepala LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah Ulul Maskuriyah di Palangka Raya, Rabu.

Baca juga: Bupati ajak masyarakat Gunung Mas deteksi dan cegah konflik

Melalui pelatihan yang digelar dalam rangka peringatan HUT ke-85, LKBN ANTARA di Biro  Kalteng atau yang lebih dikenal dengan ANTARA Kalteng ingin semakin hadir dan terlibat langsung mengedukasi generasi muda untuk semakin bijak memanfaatkan media sosial.

Tema yang diambil pada pelatihan tersebut yakni "Kekuatan Jurnalistik dan Media Sosial Dalam Perkembangan Teknologi Informasi", dianggap relevan dengan kondisi kekinian saat ini. Ditengah mudahnya dan banjirnya penyebaran informasi, maka generasi muda juga harus terus dibekali kemampuan menyaring informasi yang ada.

Pada pelatihan ini, terdapat lima narasumber yakni perwakilan Bank Kalteng dengan materi keuangan perbankan serta empat jurnalis LKBN ANTARA di Biro Kalteng, dengan paparan materi menulis jurnalistik, foto jurnalistik, video jurnalistik dan optimasi serta pemanfaatan media sosial.
 
Penyerahan hadiah dari Bank Kalteng untuk salah seorang mahasiswa peserta pelatihan di Palangka Raya, Selasa (6/12/2022). (ANTARA/Tim Dokumentasi ANTARA Kalteng)


Redaktur Nasional LKBN ANTARA Dr Yusuf mengatakan, pelatihan tersebut sangat diperlukan mahasiswa dalam upaya mengembangkan keterampilan atau "soft skill".

"Beruntung sekali mahasiswa yang bisa mengikuti pelatihan ini. Karena para pemateri sangat ahli di bidangnya. Jika dulu, kami sulit untuk mendapatkan pelatihan seperti ini," katanya.

Dia pun menegaskan bahwa salah satu misi LKBN ANTARA adalah turut mencerdaskan masyarakat, baik melalui penyebaran pemberitaan maupun pelatihan. Hal itu juga bentuk keterlibatan ANTARA dalam membangun dan memajukan daerah melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Baca juga: RUU KUHP disahkan Menjadi Undang-undang

Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik Rendhik Andika menerangkan, kegiatan yang digelar selama sehari ini diikuti sekitar 70 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan organisasi kemahasiswaan.

Mereka berasal dari perwakilan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (Fisipol UMPR), Institut Agama Kristen Palangka Raya, Eltibiz Palangka Raya dan Sekolah Tinggi Manajemen Komputer Palangka Raya.

Kemudian Dema IAIN Palangka Raya, DPD IMM Palangka Raya, HMI Cabang Palangka Raya, Pers Mahasiswa UMPR, BEM Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya.

Dia menambahkan, pelatihan jurnalistik ini juga terselenggara berkat dukungan sejumlah pihak seperti Bank Kalteng, PT Askrindo, PT Bumitama Gunajaya Agro,  PT Indo Muro Kencana (IMK),  PT Adaro Indonesia, PT Astra Agro Lestari, PT Ciliandry Anky Abadi Group (CAA), PT Sukajadi Sawit Mekar, PT Maju Aneka Sawit, PT Unggul Lestari, PT Globalindo Alam Perkasa dan PT Senamas Energindo Mineral.

"Terima kasih atas dukungan mitra LKBN ANTARA Biro Kalteng sehingga pelatihan jurnalistik dapat terselenggara dengan baik. Semoga kemitraan ini dapat terus berjalan dan semakin berdampak pada peningkatan kualitas SDM di Kalteng," katanya.

Rendhik yang juga jurnalis LKBN ANTARA yang bertugas di Biro Kalteng mengapresiasi dukungan seluruh panitia yang dalam hal ini para insan ANTARA Kalteng sehingga pelatihan dapat terlaksana dengan baik hingga akhir.

Pada pelatihan itu, para peserta juga mendapat sejumlah hadiah, baik berupa cindera mata, uang tunai dan juga ada hadiah khusus dari Bank Kalteng bagi tiga peserta terbaik berupa tabungan, mulai dari Rp500 ribu, Rp750 ribu dan Rp1 juta rupiah.

Baca juga: Kodim 1019 Katingan diresmikan, Bupati berharap pemda dibantu dalam pembangunan