Bahan dan cara membuat 'chicken meatballs and mushroom soup'

id Chicken meatballs , mushroom,Mushroom soup, resep masakan

Bahan dan cara membuat 'chicken meatballs and mushroom soup'

Katarina Larasati - Product and Nutrition Manager, PR Department PT Ajinomoto Indonesia saat berbicara di gelaran Ajinomot x ABC Cooking Studio. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Dapur Umami dari PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) mengajak para anggota ABC Cooking Studio melakukan kegiatan kelas memasak dengan tema "A Taste of Umami" berkreasi membuat resep hidangan chicken meatballs and mushroom soup menggunakan bumbu kaldu Masako.

Bahan-bahan:

Bahan A

Daging ayam cincang 120 gram
Bawang bombay 30 gram
Tepung kentang 1,5 sendok teh
Mirin halal 3/4 sendok teh
Jahe parut 3/4 sendok teh
Garam 1/6 sendok teh

Bahan B
Lobak putih 40 gram
Wortel 20 gram
Jamur shimeji 50 gram
Jamur shitake 1 buah
Jahe parut 1 sendok teh

Minyak wijen 0,5 sendok teh
Air 300 ml
Mirin halal 1 sendok teh
Masako 1 sendok teh
Kecap asin 1 sendok teh

Persiapan:
Cincang halus bawang bombay
Potong lobak putih dan wortel
Buang akar jamur shimeji
Iris jamur shitake setebal 5 mm

Cara memasak:
1. Masukkan bahan A ke dalam mangkuk dan aduk rata hingga menggumpal
Bagi menjadi delapan bagian
2. Panaskan minyak wijen ke dalam wajan
Masukkan bahan B ke dalam wajan tersebut dan tumis. Tambahkan air, mirin halal, dan masako
4. Biarkan mendidih, kecilkan api menjadi sedang, buang buih
5. Masukkan kecap asin dan didihkan hingga matang sekira 5-7 menit

Dalam kegiatan ini, seluruh cooking enthusiast terlebih dahulu diajak untuk lebih mengenal platform Dapur Umami, yang memiliki banyak fitur interaktif seperti Tanya NutriExpert, Jurnal Umami, Tukar Umami Coins, dan lebih dari 900 resep praktis yang pastinya lezat dan bergizi seimbang.

Kegiatan lantas dilanjutkan dengan merasakan langsung perbedaan rasa asin dengan rasa umami melalui sensory test session. Melalui kegiatan ini, peserta bisa menyeimbangkan rasa asin dengan tidak mengkonsumsi natrium dari garam secara berlebihan . Selain itu, para peserta juga dikenalkan dengan kampanye Bijak Garam.

"Peran natrium dari garam yang sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh sebagai zat gizi esensial untuk berbagai mekanisme fisioligis seperti memastikan keseimbangan cairan tubuh dan juga berperan dalam mengatur fungsi otot dan syaraf. Namun, jika dikonsumsi berlebihan dapat memunculkan berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, gagal jantung, diabetes, dan lain lain," kata Katarina Larasati - Product and Nutrition Manager, PR Department PT Ajinomoto Indonesia dalam siaran pers pada Rabu.

Menurut WHO, anjuran konsumsi aman harian garam adalah kurang dari 5 gram. Menurut Katarina, faktanya penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga () dari kandungan natrium pada garam dapur biasa.