Agustiar Sabran: Toleransi di Kalteng bukan isapan jempol

id Agustiar Sabran,Kalteng,Palangka Raya,Bukan Isapan Jempol,Natal,Nataru 2023,Agustiar Sabran: Toleransi di Kalteng bukan isapan jempol

Agustiar Sabran: Toleransi di Kalteng bukan isapan jempol

Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran (kelima kanan) bersama FKUB provinsi setempat melakukan kunjungan ketiga gereja yang sedang melaksanakan ibadah Natal di Kota Palangka Raya, Sabtu (24/12/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah Agustiar Sabran mengatakan, toleransi keberagamaan di provinsi setempat tentunya bukan isapan jempol, hal tersebut dibuktikan dengan kunjungan dirinya ketiga gereja bersama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Dewan Masjid Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya.

"Dari hasil peninjauan saya bersama FKUB Kalteng, ibadah malam Natal di Palangka Raya berjalan kondusif dan tanpa ada kendala apapun," katanya di Palangka Raya, Sabtu.

Agustiar Sabran yang juga menjabat sebagai Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng itu berpesan, kepada seluruh umat Kristiani yang menjalankan ibadah Natal untuk tetap menjaga kebersamaan di tengah keberagaman yang ada di provinsi setempat.

"Di Kalteng sangat menjunjung tinggi yang namanya Falsafah Huma Betang. Kita menjunjung toleransi, kebersamaan, gotong royong, tolong ini selalu ditanamkan dalam diri, agar perdamaian selalu tercipta di Bumi Tambun Bungai,"tuturnya.

Kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu, juga membagikan paket perjalanan ke Yerusalem untuk umat Kristiani yang beruntung saat mengikuti ibadah di beberapa gereja yang dikunjunginya itu.

Kepada umat Kristiani yang merayakan Natal, ia berpesan agar sukacita Natal disambut dengan semangat baru dan dengan jiwa-jiwa yang mulia serta hati yang dipenuhi cinta kasih.

"Saya berharap, kebersamaan antar umat beragama di Kalteng bisa selalu terjaga. Bukan hanya sekedar ucapan dari mulut, melainkan dari hati langsung," bebernya.

Suami dari Aisyah Thisia Halijam itu berharap, dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) maupun kendala lainnya.

"Terima kasih kepada TNI, Polri dan Forkopimda yang terus melakukan pengawalan untuk memastikan hari besar keagamaan umat Kristiani ini berjalan dengan lancar dan hikmat," demikian Agustiar Sabran.