Usai dilantik, Wakil Ketua diharap semakin mengoptimalkan kinerja Pengadilan Negeri Buntok

id Pemkab barsel, pengadilan negeri buntok, ike liduri mustika sari, keadilan, pengadilan, buntok, barsel, barito selatan

Usai dilantik, Wakil Ketua diharap semakin mengoptimalkan kinerja Pengadilan Negeri Buntok

Ketua Pengadilan Negeri Buntok, Frans Effendi Manurung saat melantik Ike Liduri Mustika Sari sebagai wakil ketua PN, di Buntok, Kamis (5/1). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Ike Liduri Mustika Sari dilantik menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang  dilaksanakan di Kota Buntok, Kamis.

"Promosi dan mutasi jabatan, baik hakim, wakil ketua, dan ketua pengadilan merupakan hal yang biasa di dalam lingkungan peradilan Mahkamah Agung," kata Ketua Pengadilan Negeri Buntok, Frans Effendi Manurung usai pelantikan.

Dikatakannya, dengan adanya Wakil Ketua Pengadilan Negeri maka beban kerjanya sudah terbagi. Salah satu tugas wakil ketua sebagai koordinator pengawasan, baik dalam pengawasan hakim, pengawas bidang dan zona integritas.

"Pengawasan tersebut dalam upaya lebih meningkatkan Akreditasi Penjamin Mutu (APM) sesuai yang telah diamanatkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," jelas Frans.

Baca juga: Penjabat Bupati sebut pertumbuhan UMKM di Barito Selatan sudah bagus

Menurut dia, hal itu merupakan bentuk komitmen khususnya badan peradilan umum dalam memberikan pelayanan informasi kepada pencari keadilan.

Tujuan akreditasi penjamin mutu ini, kata dia, guna mewujudkan performa/kinerja peradilan yang unggul dan prima atau Indonesia Court Performance Excellent (ICPE).

"Semoga dengan jabatan baru ini, Ike Liduri Mustika Sari bisa menjadi sukses kedepannya," harapnya.

Sementara Wakil Ketua Pengadilan Negeri Buntok, Ike Liduri Mustika Sari menyampaikan, dirinya pernah bertugas di Pengadilan Negeri Tamiang Layang dan setelah itu bertugas di Pengadilan Negeri Wates.

"Intinya, saya akan menjalankan semua tugas-tugas yang diberikan untuk membantu ketua dan sekaligus mewujudkan Pengadilan Negeri Buntok yang berintegritas," ucapnya.

Acara pelantikan wakil ketua Pengadilan Negeri Buntok tersebut dihadiri Pelaksana Harian (Plh) Sekda Barito Selatan Yoga P Utomo, Kapolres AKBP Yusfandi Usman, Perwakilan Dandim, Kejari serta Ketua Pengadilan Agama setempat.

Baca juga: Komisi I DPRD Barsel harapkan PPK tingkatkan partisipasi pemilih