Bupati harapkan PSDKU Polnep tingkatkan IPM Sukamara

id Pemkab sukamara, psdku polnep, politeknik negeri pontianak, ipm sukamara, indeks pembangunan manusia, sukamara, bupati sukamara windu subagio

Bupati harapkan PSDKU Polnep tingkatkan IPM Sukamara

Visitasi terkait PSDKU oleh Polnep di Sukamara, Jumat (24/2/2023). (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) - Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) membuka Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) di wilayah Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah.

Bupati Sukamara, Windu Subagio di Sukamara, Sabtu, mengatakan, urgensi pembukaan PSDKU oleh Polnep bertujuan meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sukamara yang saat ini telah mencapai 68,94.

"Juga untuk mendorong pemenuhan capaian indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM), baik di bidang pendidikan maupun kesehatan," terangnya.

Windu menjelaskan, hal tersebut sejalan dengan misi kedua pembangunan Sukamara yang tertuang dalam RPJMD kabupaten 2018-2023, yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang terdidik dan sehat.

Terkait ini juga telah dilaksanakan visitasi PSDKU Polnep di Sukamara, termasuk beberapa rangkaian kegiatan sebelumnya yang di antaranya survei minat dan potensi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Baca juga: SMPN 1 Sukamara ajarkan siswa penerapan demokrasi di sekolah

Kemudian, penyediaan dokumen kerja sama mitra, studi kelayakan PSDKU di Sukamara, pengajuan rekomendasi kepada LLDIKTI, hingga penerbitan peraturan daerah dukungan Pemerintah Kabupaten Sukamara terhadap pembukaan PSDKU.

“Kita juga melakukan pengajuan dokumen usulan pembukaan PSDKU melalui sistem informasi layanan perizinan kelembagaan perguruan tinggi Kemendikbudristek,” jelas Windu.

Pihaknya sangat mengharapkan dari hasil visitasi PSDKU Polnep di Sukamara tersebut dapat benar-benar memenuhi persyaratan sehingga diterbitkan izin pembukaan PSDKU oleh Polnep di Sukamara dan selanjutnya akan dimulai penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini juga.

"Saya mengapresiasi kerja keras dan dukungan semua pihak terkait, untuk membangun Sukamara yang kita cintai ini, dengan muara akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harap Windu.

Baca juga: Masyarakat Sukamara diminta waspadai cuaca ekstrem