Legislator Kotim sebut bidang perparkiran perlu revitalisasi

id Legislator Kotim sebut bidang perparkiran perlu revitalisasi, kalteng, DPRD kotim, muhammad kurniawan anwar, kotim, kotawaringin Timur

Legislator Kotim sebut bidang perparkiran perlu revitalisasi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Muhammad Kurniawan Anwar. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Muhammad Kurniawan Anwar menilai bidang perparkiran di daerah ini perlu direvitalisasi karena banyak dikeluhkan masyarakat. 

"Selama ini banyak keluhan masyarakat terkait parkir yang menjamur, sedangkan ada jalan yang sempit pun ada zona parkir. Yang kami heran, bagaimana perhitungan dan studi kelayakannya," kata Kurniawan di Sampit.

Menurut Kurniawan, bidang perparkiran masih sering dikeluhkan. Sudah kerap kali menjadi sorotan, namun belum juga diatasi hingga tuntas. 

Dia mempertanyakan apakah para pemenang zona parkir diberikan imbauan petunjuk teknis di lapangan agar bisa memberikan pelayanan dengan baik. Tidak jarang terjadi perdebatan antara masyarakat dengan juru parkir akibat pelayanan yang dirasakan tidak memuaskan. 

Banyak pula juru parkir yang tidak mengenakan pakaian bertuliskan petugas parkir. Hal ini juga dipertanyakan terhadap keseriusan dalam pengelolaan parkir yang baik. 

Kurniawan juga menyoroti penataan parkir di kawasan pasar yang menurutnya perlu benar-benar diatur agar tidak menimbulkan kemacetan. Juru parkir harus menata dengan baik agar lalu lintas di kawasan pasar tetap lancar. 

Bidang perparkiran juga perlu dioptimalkan karena salah satu sumber pendapatan asli daerah. Kontribusinya diharapkan bisa meningkat sehingga turut mendongkrak pendapatan asli daerah. 

"Tentu kita ingin optimal dalam PAD parkir, tapi bukan mengesampingkan terkait mekanisme lapangan. Proses lelang parkir juga masih menjadi catatan kami juga karena tidak ada tembusan ke kami (DPRD) kapan proses lelang berjalan," tegas Kurniawan. 

Kurniawan berharap bidang perparkiran terus ditingkatkan agar memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat serta meningkatkan pendapatan asli daerah. 

Pejabat yang dipercaya mengelola bidang perparkiran juga diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik. Apalagi Bupati Halikinnor sudah beberapa kali meminta bidang perparkiran dievaluasi agar bisa menjadi lebih baik.