Pemprov Kalteng dukung optimalisasi P4GN-PN

id Pemprov kalteng, p4gn, perang terhadap narkoba, pencegahan peredaran narkoba, narkotika, katma f dirun, kalteng, kaliman

Pemprov Kalteng dukung optimalisasi P4GN-PN

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kalimantan Tengah Katma F Dirun. (ANTARA/HO-Biro Adpim Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendukung penuh upaya memerangi narkoba, di antaranya dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan dalam mengantisipasi peredaran narkoba.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kalimantan Tengah Katma F Dirun di Palangka Raya, Rabu mengatakan, kejahatan narkotika dan prekursor narkotika merupakan kejahatan luar biasa yang berdampak merusak generasi saat ini, maupun yang akan datang.

"Maka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika menjadi sangat penting, terutama dengan melakukan tindakan preventif," jelasnya.

Hal itu Katma sampaikan di sela rapat koordinasi dan sinkronisasi Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN-PN) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik se-Kalimantan Tengah pada 2023.

Tindakan preventif dalam pencegahan peredaran narkoba di antaranya dengan menggiatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda tentang bahaya dari narkoba.

“Saya menegaskan untuk perang terhadap narkoba atau war on drugs demi kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah. Untuk mewujudkannya perlu komitmen dan keseriusan dari setiap komponen bangsa,” tegas Katma.

Baca juga: Disbun: Harga TBS kelapa sawit di Kalteng mulai menguat

Dia pun mengimbau semua pemangku kepentingan, serta semua tokoh masyarakat memiliki komitmen yang kuat untuk membangun persepsi yang sama, bahwa narkoba musuh bersama, sehingga harus diatasi dan dilawan secara luar biasa.

Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama dan Ormas pada Kesbangpol Kalteng, Nova Veralina menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk mengoptimalkan P4GN-PN, serta peningkatan peran pemerintah daerah dan masyarakat.

"Selain itu juga meningkatkan sinergi dan kerja sama yang baik dalam membangun persepsi maupun komitmen di daerah khususnya dalam penyusunan rencana aksi daerah P4GN-PN," ujarnya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 50 orang, dengan narasumber Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI Kartika Mulia Sari.

Baca juga: Disperpusip terus tingkatkan penataan arsip di lingkup Pemprov Kalteng

 

Baca juga: Ombudsman nyatakan DPMPTSP Kalteng miliki kepatuhan pelayanan publik kualitas tinggi

 

Baca juga: Pemprov Kalteng tekankan pencegahan peredaran narkoba pada generasi muda