DPRD Palangka Raya dorong pemko tingkatkan kualitas UMKM

id DPRD PalangkaRaya dorongpemkotingkatkan kualitas UMKM, kalteng, dprd Palangka raya, kota

DPRD Palangka Raya dorong pemko tingkatkan kualitas UMKM

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto. ANTARA/Dokumen

Palangka Raya  (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto mendorong pemerintah kota untuk meningkatkan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di wilayahnya. 

"Peningkatan kualitas UMKM di daerah dengan berbagai kegiatan dan pelatihan yang berdampak pada peningkatan kualitas pelaku UKM dan juga peningkatan perekonomian mereka," ujar Sigit di Palangka Raya, Kamis. 

Dikatakan Sigit, keberpihakan pemerintah dalam terhadap sektor ekonomi mikro dan menegah harus menjadi salah satu prioritas, apalagi pasca pandemi COVID-19 yang menjatuhkan perekonomian masyarakat. 

"Kita sendiri tahu, pelaku UMKM merupakan tulang punggung perekonomian suatu daerah. Jadi sudah seharusnya pemerintah kota harus benar-benar memberdayakan dan meningkatkan kualitas mereka," ucapnya. 

Berbagai cara bisa dilakukan pemerintah kota dalam meningkatkan kualitas pelaku UMKM, seperti memberikan pelatihan, dan memperbanyak kegiatan-kegiatan yang melibatkan langsung para pelaku UMKM. 

Baca juga: Jelang Ramadhan harga cabai di Palangka Raya turun

"Selain itu juga mengajak masyarakat agar membeli UKM di sekitar tempat tinggal," kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut. 

Diterangkan Sigit, selain peran pemerintah, peran perusahaan-perusahaan besar untuk mendorong UMKM naik kelas juga sangat penting. Seperti melakukan kemitraan antara kedua belah pihak. 

"Prinsipnya saling memerlukan, memperkuat,  saling menguntungkan dalam pemberdayaan dan pengembangan UMKM melalui kemitraan," jelas Sigit. 

Sigit berharap sinergitas antar semua pihak akan menuntun pemberdayaan UMKM untuk membawa kesejahteraan yang lebih luas, selain itu sebagai upaya dalam mendukung UMKM di Kota Palangka Raya naik kelas.

Baca juga: UMPR apresiasi Telkomsel ikut tingkatkan soft skill mahasiswa

Baca juga: Legislator Palangka Raya ajak masyarakat tingkatkan gotong royong

Baca juga: Polda Kalteng berkomitmen tindak tegas pelaku karhutla