Memaknai Ramadhan dengan berbagi, Sekda Kalteng serahkan ratusan paket sembako di Puruk Cahu

id Pemprov kalteng, sekda kalteng nuryakin, sembako ramadhan, bulan suci ramadhan, puruk cahu, umat islam, mura, murung raya, kalteng, kalimantan tengah

Memaknai Ramadhan dengan berbagi, Sekda Kalteng serahkan ratusan paket sembako di Puruk Cahu

Sekda Kalteng Nuryakin (tiga dari kiri) usai membagikan paket sembako di bulan Ramadhan di Puruk Cahu, (24/3/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin membagikan sebanyak 500 paket sembako kepada masyarakat dari berbagai kalangan di Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya, sebagai salah satu cara memaknai bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"Kita selalu diajarkan peduli terhadap sesama, terlebih ini bulan suci Ramadhan sangat dianjurkan untuk menanam di ladang amal, menanam yang sebanyak yang kita bisa, sesuai dengan kemampuan kita," kata Nuryakin dihubungi dari Palangka Raya, Sabtu.

Adapun 500 paket sembako tersebut di antaranya dibagikan kepada guru-guru Madrasah, petugas kebersihan, buruh pelabuhan, tukang ojek, dan fakir miskin se-Kota Puruk Cahu. Sebanyak 500 paket yang dibagikan secara pribadi ini terdiri dari beras lima kilogram, satu liter minyak goreng, satu kilogram gula, lima bungkus mi instan dan kopi.

Lebih lanjut Nuryakin menyebut masih banyak warga kurang beruntung dalam hidupnya menjalani beragam profesi demi ibadah menafkahi keluarga. Untuk itu, dia pun mengingatkan agar apapun profesi yang dijalani tetap ditekuni secara ikhlas selama itu tidak menyalahi aturan dan halal.

"Insha Allah, segala apa yang kita kerjakan untuk keluarga dengan niat ibadah, akan mendapat pahala dan ganjaran berlipat dari Allah SWT," tuturnya.

Baca juga: Pemkab Kotim minta pemprov bantu perjuangkan perpanjangan landasan bandara Sampit

Dia juga mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat yang diberkahi rezeki cukup, agar membumikan sikap rendah diri dan selalu berbagi kepada sesama.

"Berbagi dan bersedekah, tidak harus menunggu seseorang menjadi kaya raya atau harta berlimpah, sadarlah sebagian rezeki yang kita terima, ada hak orang lain di sana yang seyogyanya kita sisihkan," ucapnya.

Adapun gerakan berbagi kepada sesama ini juga selaras dengan arahan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran kepada jajarannya untuk peka terhadap masyarakat sekeliling, terlebih di bulan penuh keberkahan untuk selalu berbuat kebaikan dan berbagi terhadap sesama.

Anto salah seorang pekerja kebersihan, mengaku senang dan gembira menerima bingkisan tersebut. Dia mengapresiasi adanya bantuan yang diberikan Sekda Kalteng saat bulan Ramadhan ini.

"Alhamdulilah, terima kasih atas bingkisan yang diberikan, terlebih di masa-masa sulit seperti ini, tentu akan meringankan kami warga kurang mampu," katanya.

Baca juga: Mafia tanah hambat perekonomian masyarakat, Gubernur Kalteng dukung upaya pemberantasannya