KPU Bartim tetapkan DPS 81.695 orang pada Pemilu 2024

id Dps bartim, pemkab bartim, pemilu 2024, pemilu bartim, kpu bartim, pemilihan umum, komisi pemilihan umum, pesta demokrasi, tamiang layang, bartim, bar

KPU Bartim tetapkan DPS 81.695 orang pada Pemilu 2024

Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh (tengah) menerima salinan DPS dari Ketua KPU Bartim Andy A Gandrung (kanan) didampingi Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Anugrahadi di Tamiang Layang, Rabu (05/04/2023). (ANTARA/Habibullah )

Tamiang Layang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah menetapkan sebanyak 81.695 jiwa masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Data Tersebut disampaikan Ketua KPU Barito Timur Andy A Gandrung pada rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran Data (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024 di Tamiang Layang, Rabu.

"Dari hasil pleno diketahui jumlah pemilih laki-laki 41. 392 jiwa dan jumlah pemilih perempuan 40.303 jiwa total pemilih sesuai DPD 81.695 jiwa,” kata Andy A Gandrung didampingi Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Anugrahadi.

Ditambahkan Andy, pemilih sebanyak 81.695 jiwa itu tersebar pada 352 TPS di 10 kecamatan dan 103 desa kelurahan di Kabupaten Barito Timur.

Di tempat yang sama, Anugrahadi menambahkan, DPS hasil dari Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Pantarlih kemudian dilakukan analisa KPU Barito Timur, serta selanjutnya dibukukan dalam Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) KPU.

Baca juga: Berbagai perlombaan ramaikan Festival Budaya Nansarunai Jajaka Barito Timur

Dari hasil Coklit itu diketahui jumlah pemilih melebihi kapasitas pada 20 TPS. Kemudian, kata dia, pada tingkat kabupaten dilakukan penyesuaian sesuai ketentuan berlaku dengan 300 pemilih per TPS.

Dia menjelaskan, maka ada tiga penambahan TPS yakni satu TPS di Desa Balawa Kecamatan Paju Epat, sehingga di Desa Balawa ada dua TPS dengan jumlah total 350 pemilih.

Penambahan lainnya ada dua TPS di lokasi khusus yakni di Rutan Kelas II Tamiang Layang dengan jumlah 179 pemilih dan di Desa Bambulung Kecamatan Pematang Karau di areal kerja PT Borneo Ketapang Indah dengan jumlah 213 pemilih.

Hasil rekapitulasi pemilih sebelum ditetapkan sebanyak 81.200 pemilih dan setelah dilakukan coklit dan ditetapkan menjadi DPD meningkat menjadi 81.695 pemilih atau bertambah 495 pemilih.

Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh optimis tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Barito Timur dapat berjalan lancar dan kondusif.

“Saya harap para penyelenggara dapat bekerja dengan semaksimal mungkin agar Pemilu 2024 bisa terlaksana dengan lancar, tertib dan aman,” kata Habib Saleh.


Baca juga: Tingkatkan literasi anak di Bartim, mobil perpustakaan keliling sambangi sekolah