Hasil Pilkades serentak 2023 di Bartim diharapkan mumpuni dan berkualitas

id Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas, Barito Timur, bartim, kalteng, pilkades 2023 di bartim, pilkades di bartim

Hasil Pilkades serentak 2023 di Bartim diharapkan mumpuni dan berkualitas

Bupati Bartim Ampera AY Mebas. ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengharapkan seluruh kepala desa (kades) yang nantinya terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2023, benar-benar mumpuni, berkualitas dan mampu membawa maju wilayahnya masing-masing.

"Saya minta panitia dan camat serta masyarakat bisa mengawasi penyelenggaraan Pilkades 2023," kata Ampera di Tamiang Layang, kemarin.

Menurutnya, pemerintah daerah menekankan kepada pihak panitia dan pihak terkait lainnya agar tahapan pilkades bisa berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan profesional dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan.

Dia mengatakan, panitia saat dilaksanakan Rapat Evaluasi Pemerintahan Desa sudah ditekankan hal tersebut agar tidak melenceng daripada aturan yang terkait pilkades.

"Dengan berjalannya tahapan pilkades sesuai aturan yang berlaku, maka akan menjaga situasi kondusif di wilayahnya masing-masing," kata Ampera.

Orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur out juga menekankan kepada perangkat daerah serta para camat untuk penyaluran Dana Desa (DD) , Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bantuan Sosial (Bansos) seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan lainnya agar tepat waktu dan tepat sasaran.

Dia mengatakan, apabila dapat tepat waktu dan tepat sasaran, realisasinya bisa membantu percepatan pembangunan yang telah diprogramkan pemerintah daerah, dan akan mempercepat kesejahteraan hingga pemulihan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Bahas tata batas, DPRD Kalteng fasilitasi Pemkab Bartim bertemu Kemendagri

Ampera juga minta camat dan kepala desa terpilih nanti tetap melaksanakan pembangunan sekaligus pengawasan pemasangan portal jalan kabupaten dan desa untuk pembatasan tonase angkutan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kita tidak melarang tapi hanya membatasi muatan maksimal delapan ton untuk menjaga kondisi jalan tetap baik dan masyarakat bisa beraktivitas dengan lancar," demikian Ampera.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2023 serentak di Kabupaten Barito Timur digelar pada 3 Juni 2023. Pilkades dilaksanakan pada 86 desa se Kabupaten Barito Timur.

Baca juga: Pemkab Bartim terus tingkatkan kualitas dan keandalan pengawasan interen

Baca juga: Bupati Bartim wacanakan bentuk koperasi sawit memproduksi CPO

Baca juga: Tindaklanjuti surat Mendagri, Pemkab Bartim tiadakan safari ramadhan