PUPR Perkim Bartim optimistis jalan lingkar timur dan jalan pengembangan food estate tuntas

id Pemkab bartim, dpupr bartim, yumail j paladuk, jalan lingkar timur, jalan food estate bartim, tamiang layang, bartim, barito timur

PUPR Perkim Bartim optimistis jalan lingkar timur dan jalan pengembangan food estate tuntas

Kepala Dinas PUPR Perkim Bartim Yumail J Paladuk. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) setampat menganggarkan Rp20 miliar yang bersumber dari APBD 2023 untuk menuntaskan jalan lingkar timur.

“Saat ini dalam tahapan proses lelang dan kita optimis bisa tuntas tahun ini,” kata Kadis PUPR Perkim Barito Timur, Yumail Paladuk di Tamiang Layang, Rabu.

Dia menjabarkan, jalan lingkar timur dengan ruas jalan Longkang-Dorong-Simpang Badung itu memiliki item-item pekerjaan antara lain galian, timbunan biasa dan timbunan pilihan, penyiapan badan jalan, pondasi, beton hingga pengaspalan.

Dijelaskan Yumail, pada tahun sebelumnya pengerasan badan jalan lingkar timur sudah selesai dilaksanakan dan bisa fungsional. Pengecekan fungsional langsung dipimpin Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas.

Selain itu, Dinas PUPR Perkim Bartim juga menuntaskan peningkatan jalan pengembangan Food Estate di Kecamatan Paku dengan nilai Rp28,6 miliar yang bersumber dari dana DAK 2023.

Baca juga: KPU Bartim tetapkan DPS 81.695 orang pada Pemilu 2024

Proses lelang ruas jalan Kalamus Bantai Napu, Runggu Raya-Bantai Napu, Simpang Runggu Raya-Runggu sudah selesai proses lelang dan sudah ada pemenangnya.

“Dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dilaporkan pemenangnya adalah PT Tabalong Jaya Marga Bersama. Tinggal menunggu penandatanganan kontrak saja sesuai dengan jadwal,” terang Yumail.

Pada proyek pengembangan kawasan food estate itu ada beberapa item pekerjaan di antaranya rekonstruksi dan rehabilitasi jalan dan jembatan, pekerjaan tanah dan geosintetik, perkerasan berbutir dan perkerasan beton semen hingga pengaspalan.

“Kami optimis dua pekerjaan tersebut selesai tepat waktu. Dia proyek besar itu juga ada MoU pendampingan dengan Kejaksaan Negeri Barito Timur,” demikian Yumail Paladuk.


Baca juga: Berbagai perlombaan ramaikan Festival Budaya Nansarunai Jajaka Barito Timur