Pemprov sediakan empat bus mudik gratis dari Palangka Raya

id Arus mudik, mudik gratis, mudik gratis kalteng berkah 2023, pemprov kalteng, terminal wa gara, palangkaraya, sampit, pan

Pemprov sediakan empat bus mudik gratis dari Palangka Raya

Program Mudik Gratis Kalteng Berkah 2023. (ANTARA/HO/Instagram-dishubkalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyediakan sebanyak empat bus untuk Program Mudik Gratis Kalteng Berkah 2023 menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dari Kota Palangka Raya.

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah Yulindra Dedy di Palangka Raya, Senin, mengatakan, Program Mudik Gratis Kalteng Berkah 2023 ini merupakan kerja sama lintas sektor, melibatkan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI, Jasa Raharja, Bank Kalteng, serta Organda.

"Tujuan yang tersedia dalam program mudik gratis tahun ini, meliputi dua kota, yakni Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur dan Pangkalan Bun Kotawaringin Barat," terangnya.

Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti program mudik gratis ini, dapat mendaftarkan dirinya pada Kantor Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah Jalan S Parman yakni pukul 08.00-14.00 wib.

Kemudian dapat juga mendaftarkan diri pada counter bus Syifa-Airgan Jalan Adonis Samad dan counter bus Damri Jalan Tjilik Riwut pukul 17.00-20.00 wib, sesuai tujuan mudik.

"Pendaftaran kami buka sejak 16 April 2023 hingga 17 April 2023. Rencananya keberangkatan bus ini dilaksanakan pada 19 April 2023, dan khusus bagi yang memiliki tiket kapal laut maka keberangkatannya pada 20 April 2023," ucapnya.

Baca juga: Gubernur berharap harga minyak goreng di Kalteng lebih murah

Adapun kuota mudik gratis ini terbatas menyesuaikan kapasitas angkut bus, yakni untuk rute Palangka Raya-Sampit sekitar 66 orang dan Palangka Raya-Pangkalan Bun sekitar 80 orang.

"Kami harap dengan adanya program mudik gratis ini dapat membantu meringankan beban sebagian masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman saat Lebaran," jelasnya.

Lebih lanjut dia memaparkan, untuk pergerakan orang dengan angkutan darat di wilayah Kalimantan Tengah pada periode arus mudik Lebaran 2023 ini, diprediksi sekitar 10.604 orang, meliputi Terminal WA Gara Palangka Raya, Terminal Patih Rumbih Sampit, serta Terminal Natai Suka Pangkalan Bun.

Baca juga: Penumpang di Bandara Tjilik Riwut melonjak menjadi 2.152 orang per hari