Legislator Kalteng minta pengembangan olahraga lebih dioptimalkan

id DPRD Kalimantan Tengah, Tomy Irawan Diran, sekretaris komisi IV DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, olahraga

Legislator Kalteng minta pengembangan olahraga lebih dioptimalkan

Sekretaris Komisi IV DPRD Kalteng Tomy Irawan Diran. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Tomy Irawan Diran mendorong sekaligus meminta seluruh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah ini, agar saling mendukung dan bekerjasama dalam mengembangkan sarana dan prasarana serta pembinaan di bidang olahraga.

Melalui sarana dan prasarana sekaligus pembinaan yang optimal akan tercipta atlet-atlet hebat dan berprestasi di kancah nasional dan internasional, kata Tomy di Palangka Raya, kemarin.

"Jadi, kami meminta kepada pemda melalui instansi terkait, agar lebih optimal dalam mengembangkan olahraga di provinsi ini," tambahnya.

Menurut dirinya, bidang olahraga memberikan banyak manfaat bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya generasi muda di provinsi terluas di Indonesia ini. Sebab, apabila olahraga digandrungi generasi muda, akan membuat peredaran narkoba dapat lebih diminimalisir, tercipta atlet-atlet handal yang mampu mengharumkan nama daerah di tingkat nasional bahkan internasional, serta lainnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini mengatakan, peningkatan SDM, khususnya generasi muda, bukan hanya dari sektor pendidikan namun olahraga juga memiliki peranan. Di mana olahraga akan membuat fisik para generasi muda menjadi lebih kuat dan sehat.

"Itulah kenapa sarana dan prasarana sekaligus pembinaan di bidang olahraga harus terus dilakukan dan lebih dikembangkan secara optimal. Dampak positif bidang olahraga bagi masyarakat maupun pemerintah sangat banyak," kata Tomy.

Baca juga: DPRD Kalteng apresiasi Panti Rehabilitasi JAM dikelola secara serius

Sekretaris Komisi IV DPRD Kalteng itu meyakini bahwa di provinsi ini banyak bibit-bibit berbakat di bidang olahraga. Namun, bakat-bakat tersebut hanya dapat keluar apabila pengembangan dan pembinaan di bidang olahraga terus menerus dilakukan dan secara optimal.

Dia mengatakan mendapatkan atlit berbakat tidak mudah dan memerlukan waktu. Sebab untuk mendapatkan prestasi yang memuaskan dari atlet, maka pembinaan semenjak dini menjadi salah satu yang penting dilakukan dan itu harus mendapat dukungan dari pemerintah setempat.

"Pembinaan dapat maksimal dilakukan juga harus ada dukung dari segi anggaran, sebab anggaran juga penting baik itu untuk membangun sarana maupun fasilitas pendukung olahraga," demikian Tomy.

Baca juga: DPRD minta pemda se-Kalteng dukung kreativitas kaum milenial

Baca juga: DPRD Kalteng pantau kesiapan arus mudik Lebaran 2023

Baca juga: Legislator Kalteng bantu korban kebakaran di Sampit