DPRD Kalteng apresiasi Panti Rehabilitasi JAM dikelola secara serius

id Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Wiyatno, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, Kalimantan Tengah, panti rehabilitas jam palangka raya, panti rehabilitas

DPRD Kalteng apresiasi Panti Rehabilitasi JAM dikelola secara serius

Ketua DPRD Kalimantan Tengah Wiyatno saat melakukan kunjungan ke Panti Rehabilitas JAM Palangka Raya, Minggu (23/4/2023). ANTARA/HO-Staff Wiyatno.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kalimantan Tengah Wiyatno mengaku salut sekaligus mengapresiasi keseriusan para pengelola Panti Rehabilitaasi Joint Adulam Ministri (JAM) Palangka Raya, dalam mengelola sekaligus merawat sejumlah warga yang mengalami gangguan jiwa.

"Apresiasi itu karena saya melihat langsung bagaimana para pengelola Panti Rehabilitasi JAM menangani dan merawat saudara-saudara kita yang mengalami gangguan kejiwaan," kata Wiyatno di Palangka Raya, kemarin.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu pun berharap kepada pengelola Panti Rehabilitasi JAM, agar tetap dan selalu diberikan kesabaran dalam merawat dan menangani para pasien yang mengalami gangguan kejiwaan.

Dia mengatakan tidak mudah menangani dan merawat orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Sebab, bisa tiba-tiba mengamuk, menyakiti diri sendiri maupun orang lain, serta lainnya. Sehingga, apabila tidak memiliki kesabaran yang tinggi dalam merawat, dapat menimbulkan hal-hal tak diinginkan.

"Bagaimanapun, kita patut salut dan memberikan apresiasi kepada orang-orang yang mau dan memberikan hatinya dalam merawat orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan," kata Wiyatno.

Bendahara DPD PDIP Kalteng itu pun mengajak semua pihak yang ada di provinsi ini, agar turut memberikan dukungan dan bantuan kepada Panti Rehabilitasi JAM Palangka Raya. Dengan bantuan itu, sarana dan prasarana sekaligus pengelolaan Panti Rehabilitasi JAM dapat lebih optimal.

"Selain adanya bantuan dari pemerintah daerah, perlu juga ada peran aktif masyarakat yang berekonomi mampu untuk turut memberikan perhatian atau bantuan bagi kelangsungan Panti Rehabilitasi JAM Palangka Raya," demikian Wiyatno.

Baca juga: DPRD minta pemda se-Kalteng dukung kreatifitas kaum milenial

Sebelumnya, Pembina Panti Rehabilitasi JAM Palangka Raya dr Theodorus Sapta Atmadja mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPRD Kalteng yang telah berkunjung melihat kondisi penghuni panti, sekaligus makan malam bersama para pasien gangguan jia di Hari Raya Idul Fitri kedua.

Dirinya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Ketua DPRD Kalteng serta semua elemen masyarakat yang selama ini telah memberikan sumbangsih saran, pemikiran serta bantuan materil guna operasional makan - minum, ranjang dan bantuan lainnya demi kelangsungan pelayanan sosial bagi segenap penghuni Panti Rehabilitasi Gangguan Kejiwaan JAM tersebut.

"Kami selaku pengelola akan memberikan yang terbaik dalam merawat saudara-saudara kita yang mengalami gangguan jiwa. Tentunya itu semua dapat terlaksana apabila mendapat dukungan dari semua elemen masyarakat," demikian dr Theodorus.

Baca juga: DPRD Kalteng pantau kesiapan arus mudik Lebaran 2023

Baca juga: Legislator Kalteng: Banyak objek wisata belum mendapat diperhatikan pemda

Baca juga: PDIP anggap pengunduran Andina Narang dari DPRD Kalteng hak pribadi