DPRD Kalteng pantau kesiapan arus mudik Lebaran 2023

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, anggota DPRD Kalteng dapil IV, Achmad Rasyid

DPRD Kalteng pantau kesiapan arus mudik Lebaran 2023

Sejumlah Anggota DPRD Kalimantan Tengah dari daerah pemilihan IV foto bersama dengan salah seorang perwakilan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan di Buntok, kemarin. ANTARA.HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Sejumlah Anggota DPRD Kalimantan Tengah dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya, melakukan pemantauan terhadap kesiapan infrastruktur dan posko pengamanan selama arus mudik dan balik Lebaran tahun 2023.

Hasil pantauan sejauh ini kondisi infrastruktur jalan dari Palangka Raya menuju Kabupaten Barito Selatan relatif baik dan nyaman untuk dilintasi oleh kendaraan, kata salah seorang perwakilan anggota DPRD Kalteng dapil IV Achmad Rasyid melalui pesan singkat diterima di Palangka Raya, Selasa.

"Kami memang memfokuskan pantauan untuk arus mudik dan balik dari Palangka Raya ke sejumlah kabupaten yang ada di sepanjang DAS (Daerah Aliran Sungai) Barito. Sejauh ini kondisinya bagus dan tidak ada masalah," ucapnya.

Selain memantau sejumlah ruas jalan, para wakil rakyat Kalteng itu juga melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah kabupaten yang ada di sekitar DAS Barito. Di mana komunikasi dan koordinasi itu untuk mengetahui langkah-langkah yang telah dipersiapkan menghadapi arus mudik dan balik.

Achmad Rasyid yang juga Ketua Komisi II DPRD Kalteng itu mengatakan, juga mendorong agar pemerintah provinsi bersama pemkab melalui   dinas atau instansi terkait terus melakukan pemantauan dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan saat melaksanakan arus mudik dan balik lebaran tahun.

"Kalau hasil dari pantauan dan komunikasi kami, optimis arus mudik dan balik Lebaran tahun ini akan berjalan lancar," demikian Achmad Rasyid.

Anggota DPRD Provinsi Kalteng yang ikut melakukan pemantauan arus mudik diantaranya, Ina Prayawati dan Yulilis dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalteng.

Baca juga: Tindaklanjuti perintah gubernur, PUPR Kalteng bangun 23 posko arus mudik 2023

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Tengah Shalahuddin menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah alat berat sekaligus mendirikan 23 posko arus mudik dan balik selama Lebaran tahun 2023, sebagai upaya menindaklanjuti perintah dari Gubernur Sugianto Sabran.

Dia mengatakan sebanyak 23 posko tersebar di berbagai ruas jalan provinsi itu bertugas memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran tahun ini.

"Intinya, kami telah mempersiapkan berbagai hal menindaklanjuti perintah bapak gubernur terkait pengamanan terhadap angkutan barang maupun masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran," kata Shalahuddin.

Baca juga: Legislator Kalteng bantu korban kebakaran di Sampit

Baca juga: Legislator Kalteng: Banyak objek wisata belum mendapat diperhatikan pemda

Baca juga: PDIP anggap pengunduran Andina Narang dari DPRD Kalteng hak pribadi