Legislator Kalteng minta pemprov bantu optimalkan perbaikan jalan di Pulpis

id DPRD Kalimantan Tengah, Rusita Irma, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, perbaikan jalan di pulang pisau

Legislator Kalteng minta pemprov bantu optimalkan perbaikan jalan di Pulpis

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Rusita Irma. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Rusita Irma mendorong sekaligus meminta pemerintah provinsi membantu mengoptimalkan perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Pulang Pisau, terkhusus di ruas menuju Desa Cemantan, Kecamatan Kahayan Kuala atau biasa dikenal Bahaur.

Permintaan itu karena kondisi jalan menuju Desa Cemantan tersebut mengalami kerusakan di sejumlah titik dan sangat mengganggu aktivitas dan perekonomian masyarakat, kata Irma di Palangka Raya, kemarin.

"Perbaikannya memang wewenang Pemkab Pulpis, namun tidak ada salahnya pemprov bisa turut membantu. Apalagi jalan menuju Desa Cemantan juga menghubungkan ke sejumlah desa di Kabupaten Kapuas," ucapnya.

Menurut wakil rakyat Kalimantan Tengah dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas ini, pemprov berkewajiban juga membantu mengoptimalkan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di seluruh wilayah di provinsi ini.

Irma mengatakan bahwa seluruh wilayah yang masuk dalam provinsi ini juga bagian dari ruang lingkup pemprov, sekalipun telah ada aturan yang membagi pihak mana berwenang dalam melakukan perbaikan, namun tetap berkewajiban untuk membantu.

Baca juga: Cuaca semakin panas, pemda se-Kalteng diminta waspadai karhutla

"Saya rasa juga tidak salah jika pemprov ikut membantu kabupaten/kota maupun desa melakukan perbaikan infrastruktur jalan. Tinggal bagaimana prosedurnya diperhatikan. Itulah kenapa diperlukan sinergi dan saling berkoordinasi," kata dia.

Anggota Komis I DPRD Kalteng itu pun menegaskan bahwa dirinya akan selalu menyuarakan perbaikan jalan menuju Desa Cemantan. Sebab, keberadaan jalan tersebut sangat vital dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Saya setiap reses ke sekitar desa itu pun selalu aspirasi masyarakat terkait perbaikan jalannya. Itulah kenapa saya mendorong sekaligus meminta pemprov bisa ikut membantu mengoptimalkan perbaikannya," demikian Irma.

Baca juga: Pemda di Kalteng diminta bantu dana operasional Panti Rehabilitasi JAM

Baca juga: Legislator Kalteng minta peran BLK dioptimalkan bantu anak putus sekolah

Baca juga: Pemprov Kalteng diminta maksimalkan kinerja BRIDA