PAN incar kursi ketua DPRD Kotim

id PAN incar kursi ketua DPRD Kotim, kalteng, sampit, kotim, KPU kotim, Kotawaringin Timur, rudini

PAN incar kursi ketua DPRD Kotim

Ketua DPD PAN Kotawaringin Timur didampingi sejumlah pengurus usai mengajukan daftar bacaleg DPRD Kotawaringin Timur ke KPU setempat, Jumat (12/5/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Target tinggi dipasang Partai Amanat Nasional (PAN) di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Pemilu Legislatif 2024 yaitu meraih kursi ketua DPRD setempat yang saat ini diduduki legislator dari PDIP. 

"Target kita insya Allah (kursi ketua). Mudah-mudahan di setiap dapil (daerah pemilihan) kita bisa menambah satu kursi di lima dapil yang ada," kata Ketua DPD PAN Kotawaringin Timur Muhammad Rudini di Sampit, Jumat. 

Hal itu disampaikan Rudini usai mengajukan daftar bakal calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Dia didampingi Wakil Ketua DPW PAN Kalimantan Tengah Abdul Hafid, Ketua Fraksi PAN DPRD Kotawaringin Timur Dadang Siswanto dan politisi senior lainnya. 

Hasil pemilu 2019 lalu PAN meraih enam kursi di DPRD Kotawaringin Timur sehingga mereka berhak menduduki kursi Wakil Ketua II DPRD setempat. Kursi Ketua diraih PDIP, sedangkan kursi Wakil Ketua I diraih Partai Golkar. 

Baca juga: Jumlah pemilih di Kotim berkurang 1.768 pemilih

Menghadapi Pemilu Legislatif 2024 nanti, PAN Kotawaringin Timur meningkatkan upaya agar bisa mencapai target menambah perolehan kursi supaya kader mereka bisa menduduki kursi ketua. 

PAN mengajukan bacaleg dengan jumlah maksimal yaitu 40 orang yang terbagi pada lima daerah pemilihan. Sebesar 30 persen di antaranya merupakan bacaleg perempuan sehingga syarat keterwakilan perempuan juga sudah terpenuhi. 

"Semua bacaleg yang kami ajukan adalah unggulan. Makanya kami optimis bisa meningkatkan perolehan kursi pada pemilu 2024 nanti," ujarnya. 

Sementara itu terkait verifikasi persyaratan pencalonan dan calon yang diajukan PAN relatif singkat hingga dinyatakan lengkap oleh KPU, Rudini mengatakan hal itu karena pihaknya memang sudah mempersiapkan dengan sungguh-sungguh sehingga ketika pengajuan ke KPU sudah tidak ada kendala berarti lagi. 

"Kami berterima kasih kepada KPU yang telah menerima kami dengan baik dan banyak membantu kami. Mudah-mudahan proses ini berjalan lancar dan hasilnya memuaskan," demikian Rudini. 

Baca juga: PKS Kotim tegaskan bacaleg perempuan bukan sekadar pelengkap

Baca juga: PDIP optimistis mampu tambah perolehan kursi DPRD Kotim

Baca juga: Puskesmas Baamang I kaji banding tingkatkan mutu pelayanan