PKS Kotim tegaskan bacaleg perempuan bukan sekadar pelengkap

id PKS Kotim tegaskan bacaleg perempuan bukan sekadar pelengkap, kalteng, Sampit, kotim, Suprianto, caleg, pemilu legislatif

PKS Kotim tegaskan bacaleg perempuan bukan sekadar pelengkap

Ketua DPD PKS Kotawaringin Timur Suprianto menyerahkan berkas pengajuan bakal caleg kepada Ketua KPU Kotawaringin Timur, Siti Fathonah Purnaningsih, Kamis (11/5/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah yang mereka ajukan adalah kader-kader terbaik, termasuk kaum perempuan yang diusung bersaing dalam Pemilu Legislatif 2024.

"Jadi bukan (sekadar pelengkap syarat). Mereka kami ajukan  karena memang berpotensi dan memiliki kemampuan jika terpilih menjadi anggota DPRD," kata Ketua DPD PKS Kotawaringin Timur Suprianto di Sampit, Kamis malam. 

Ada tiga partai politik yang mengajukan daftar bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Timur pada Kamis yaitu Partai NasDem, PDIP dan PKS. Ketiga partai mengajukan bacaleg dengan jumlah maksimal yaitu 40 orang yang terbagi pada lima daerah pemilihan. 

PKS mengajukan 40 nama bacaleg yang dibagi sesuai jumlah kursi ditetapkan per daerah pemilihan yaitu 10 orang di daerah pemilihan 1, sebanyak 8 orang di daerah pemilihan 2, sebanyak 6 orang di daerah pemilihan 3, sebanyak 7 orang di daerah pemilihan 4 dan sebanyak 9 orang di daerah pemilihan 5.

Dari 40 nama tersebut, sebanyak 14 orang di antaranya merupakan bacaleg perempuan. Artinya jumlah keterwakilan perempuan sudah melebihi jumlah minimal 30 persen seperti yang ditetapkan dalam aturan. 

Baca juga: PDIP optimistis mampu tambah perolehan kursi DPRD Kotim

Bacaleg perempuan dari PKS tersebar di daerah pemilihan 1 sebanyak 3 orang, daerah pemilihan 2 sebanyak 3 orang, daerah pemilihan 3 sebanyak 2 orang, daerah pemilihan 4 sebanyak 3 orang dan daerah pemilihan 5 sebanyak 3 orang. 

Suprianto menegaskan, bacaleg perempuan yang mereka usung tidak sembarangan atau sekadar mencukupi syarat jumlah minimal keterwakilan perempuan di setiap daerah pemilihan. 

"Caleg perempuan memang kita tugaskan. Bahkan di daerah pemilihan 4, 2 dan 5 kami tempatkan caleg perempuan di nomor urut 1. Kami yakin mereka bisa menarik dukungan masyarakat karena memang mereka dinilai mampu," ujar Suprianto. 

Terkait persaingan pada pemilu legislatif nanti, Suprianto menegaskan pihaknya sudah mempersiapkan diri. PKS menargetkan bisa meraih kursi di setiap daerah pemilihan. Khusus untuk daerah pemilihan 1 yang mendapat satu kursi, diupayakan bisa ditingkatkan. 

"Bacaleg yang kita pasang memang yang benar-benar berpotensi mendapatkan suara pemilih. Persaingan pasti sangat kompetitif. Saya sudah melihat beberapa partai yang memasang caleg-calegnya di masing-masing daerah pemilihan dan sepertinya kita masih bisa bersaing untuk daerah pemilihan tersebut," demikian Suprianto. 

Baca juga: Puskesmas Baamang I kaji banding tingkatkan mutu pelayanan

Baca juga: PT Unggul Lestari raih penghargaan atas dukungan penanggulangan stunting di Kotim

Baca juga: Pendaftar pertama, NasDem ajukan 40 bacaleg di Kotim