Puskesmas Baamang I kaji banding tingkatkan mutu pelayanan

id Puskesmas Baamang I kaji banding tingkatkan mutu pelayanan, kalteng, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, puskesmas baamang, puskesmas ketapang

Puskesmas Baamang I kaji banding tingkatkan mutu pelayanan

Rombongan Puskesmas Baamang I saat kaji banding ke Puskesmas Ketapang I untuk peningkatan mutu pelayanan, Kamis (11/5/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Jajaran Puskesmas Baamang I Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah melakukan kaji banding ke Puskesmas Ketapang I dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

"Sekarang ini akreditasi dan kualitas pelayanan puskesmas di Kotawaringin Timur sendiri sudah bagus, bahkan menjadi rujukan puskesmas dari luar daerah. Makanya kami memilih kaji banding ke Puskesmas Ketapang I," kata Kepala Puskesmas Baamang I, Supriadi di Sampit, Kamis. 

Puskesmas Baamang I dan Puskesmas Ketapang I sama-sama berada di tengah kota Sampit, namun berbeda kecamatan. Hanya, dalam hal akreditasi, Puskesmas Ketapang I sudah memperoleh akreditasi Madya, sementara Puskesmas Baamang I masih pada akreditasi Dasar.

Menurut Supriadi, kunjungan ini untuk mendapatkan informasi demi peningkatan mutu pelayanan. Puskesmas Ketapang I dinilai sudah lebih maju dalam hal sumber daya manusia dan pelaksanaan program. 

Puskesmas Ketapang I juga sudah menjalankan instrumen akreditasi lima bab. Harapannya, kemajuan yang sudah dicapai Puskesmas Ketapang I dapat menjadi acuan bagi Puskesmas Baamang I dalam meningkatkan mutu pelayanan. 

Supriadi berterima kasih karena seluruh jajaran Puskesmas Ketapang I yang telah menerima kaji banding pihaknya. Bantuan informasi dan dukungan dari jajaran Puskesmas Ketapang I sangat bermanfaat dan membawa dampak positif bagi pihaknya untuk diterapkan di Puskesmas Baamang I. 

Baca juga: PT Unggul Lestari raih penghargaan atas dukungan penanggulangan stunting di Kotim

"Mudah-mudahan tambahan informasi ini dapat membantu kami dalam meningkatkan mutu pelayanan. Semoga saja target peningkatan akreditasi bisa tercapai, bahkan kalau bisa dari akreditasi Dasar menjadi Paripurna," harap Supriadi. 

Sementara itu Kepala Puskesmas Ketapang I, Elmi Mulyani menyampaikan terima kasih karena menjadikan puskesmas mereka sebagai tujuan kaji banding. Mereka dengan tangan terbuka menerima kunjungan tersebut dan berbagi informasi dengan kemajuan bersama. 

"Kami ini juga terus berusaha untuk meningkatkan mutu pelayanan. Kalau bisa mudah-mudahan Puskesmas Baamang I dan Puskesmas Ketapang I meraih akreditasi Paripurna," ujar Elmi Mulyani. 

Dia mengakui, puskesmas yang dipimpinnya sudah beberapa kali menerima kunjungan kaji banding, di antaranya dari Puskesmas Pasir Putih dan salah satu puskesmas di Kabupaten Barito Utara. 

"Mungkin mereka melihat karena Puskesmas Ketapang I merupakan puskesmas percontohan di Kotawaringin Timur ini. Kami selalu siap untuk berbagi demi kemajuan bersama," demikian Elmi Mulyani. 

Baca juga: Pendaftar pertama, NasDem ajukan 40 bacaleg di Kotim

Baca juga: DPMPTSP Kotim telusuri kegiatan usaha tidak berizin

Baca juga: DPMPTSP Kotim semakin gencar edukasi pelaku usaha optimalkan OSS