PDIP optimistis mampu tambah perolehan kursi DPRD Kotim

id PDIP optimistis mampu tambah perolehan kursi DPRD Kotim, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, DPRD kotim, pemilu 2024

PDIP optimistis mampu tambah perolehan kursi DPRD Kotim

Sekretaris DPC PDIP Kotawaringin Timur Alexius Esliter menyerahkan daftar bacaleg mereka kepada Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih, Kamis (11/5/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengajukan daftar bakal calon anggota legislatif dan optimistis mampu menambah perolehan kursi DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada pemilu 2024 nanti. 

"Kalau sekarang kan sudah tujuh kursi. Target kami nanti bisa meraih sebanyak-banyaknya. Kami siap berjuang demi kesejahteraan masyarakat Kotim," kata Sekretaris DPC PDIP Kotawaringin Timur Alexius Esliter di Sampit, Kamis. 

Alexius memimpin rombongan pengurus PDIP Kotawaringin Timur saat datang ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Mereka diterima Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih beserta komisioner lainnya. 

Alexius menjelaskan, PDIP Kotawaringin Timur mengajukan 40 orang bakal calon legislatif (bacaleg). Bacaleg yang tersebar di lima daerah pemilihan dan telah memenuhi aturan keterwakilan perempuan di setiap daerah pemilihan. 

"Kami berharap diterima dengan baik. Jika ada kekurangan, kami siap segera melengkapinya. Kami siap mematuhi aturan yang belaku," demikian Alexius. 

Baca juga: Puskesmas Baamang I kaji banding tingkatkan mutu pelayanan

Kedatangan rombongan PDIP cukup menarik perhatian. Terlebih ada dua orang yang kini mengenakan seragam merah berlogo PDIP, yaitu Parimus dan Linda. Sebelumnya paman dan keponakan itu merupakan legislator dari Partai Demokrat, namun dua hari lalu keduanya mengundurkan diri dari partai tersebut. 

Ternyata mereka kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kotawaringin Timur, namun kali ini pindah ke PDIP. Kehadiran Parimus dan Linda memberikan suntikan semangat baru PDIP sehingga diharapkan mampu mendongkrak perolehan suara dan kursi DPRD di Lamandau

Sementara itu, Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih menyatakan persyaratan pencalonan dan persyaratan calon yang diajukan PDIP dinyatakan lengkap. Pihaknya akan melanjutkan tahapan pada verifikasi. 

Jika sudah lengkap maka diberikan berita acara tanda terima. Selanjutnya verifikasi administrasi dijadwalkan 15 Mei sampai 23 Juni untuk memastikan dokumen. Masa perbaikan 26 Juni sampai 9 Juli 2023.

"Help desk siap memberikan kemudahan dan bantuan kepada partai politik jika menemui kendala saat silon. Alhamdulillah sudah banyak partai politik memanfaatkan help desk. Syarat pencalonan, dilanjutkan syarat calon," demikian Siti Fathonah Purnaningsih. 

Baca juga: PT Unggul Lestari raih penghargaan atas dukungan penanggulangan stunting di Kotim

Baca juga: Pendaftar pertama, NasDem ajukan 40 bacaleg di Kotim

Baca juga: DPMPTSP Kotim telusuri kegiatan usaha tidak berizin