Tips kendalikan tekanan darah untuk cegah hipertensi

id Tekanan darah,hipertensi,Darah tinggi

Tips kendalikan tekanan darah untuk cegah hipertensi

Ilustrasi- Petugas kesehatan memeriksa tekanan darah seorang warga saat memperingati Hari Diabetes Sedunia di UPTD Center Diabetes, Kota Ternate, Maluku Utara. ANTARA FOTO/Andri Saputra/YU/tom. (ANTARA FOTO/ANDRI SAPUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Hari Hipertensi Dunia yang diperingati pada tanggal 17 Mei setiap tahunnya meningkatkan kesadaran mengenai komplikasi medis akibat hipertensi serta cara mencegah, mendeteksi, dan menangani kondisi tersebut.

Hipertensi adalah kondisi medis serius yang terjadi ketika tekanan pada pembuluh darah terlalu tinggi. Jika tidak ditangani, hipertensi dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti serangan jantung dan stroke.

Laman Medical Daily pada Rabu (17/5) waktu setempat melaporkan lebih dari satu milyar orang di seluruh dunia mengalami masalah pada tekanan darahnya. Diperkirakan populasi yang mengalami hipertensi akan meningkat sekitar 15 sampai 20 persen pada tahun 2025.

Baca juga: Ada risiko kesehatan bila menunda waktu tidur 34 menit

Berikut adalah cara-cara alami yang dapat dilakukan dalam mengendalikan tekanan darah:

Olahraga rutin
Duduk dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko hipertensi. Sering bergerak dan melakukan olahraga rutin dapat meningkatkan kekuatan jantung dan membuat jantung lebih efisien dalam memompa darah. Kegiatan tersebut dapat membantu mengurangi tekanan pada arteri.

Mengurangi konsumsi garam
Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Langkah mudah seperti mengganti bahan makanan yang lebih segar dan menggunakan bumbu alami seperti rempah-rempah dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Mengurangi stres
Ketika mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol dan adrenalin yang meningkatkan detak jantung dan mempersempit pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat. Membuat tubuh lebih santai dengan cara mengurangi pekerjaan atau mendengarkan musik yang menenangkan merupakan cara efektif dalam mengurangi tekanan darah tinggi.

Mengkonsumsi makanan kaya potasium
Mengkonsumsi 2000 hingga 4000 miligram potasium per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah. Beberapa jenis buah-buahan seperti pisang dan semangka serta sayuran seperti kentang, bayam, kacang, tomat, dan alpukat kaya akan kandungan potasium.

Menerapkan diet DASH
Dietary approaches to stop hypertension (DASH) atau pendekatan diet untuk mengurangi hipertensi adalah diet yang didesain khusus untuk mengurangi tekanan darah tanpa bantuan obat-obatan. Makanan yang perlu dikonsumsi dalam diet tersebut adalah sayur-sayuran, buah, dan biji-bijian serta mengurangi makanan yang mengandung lemah jenuh dan sodium. Riset menunjukkan diet tersebut dapat mengurangi tekanan darah dalam waktu empat minggu.

Mengurangi berat badan
Memiliki berat badan berlebihan atau obesitas dapat mempengaruhi tingkat tekanan darah dan kesehatan jantung. Mengurangi berat badan melalui olahraga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung secara signifikan.