Pengurus PWI dikukuhkan, berikut harapan Wabup Bartim

id Pemkab bartim, pwi bartim, persatuan wartawan indonesia, tamiang layang, bartim, barito timur

Pengurus PWI dikukuhkan, berikut harapan Wabup Bartim

Ketua PWI Kalteng M Haris Sadikin disaksikan Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh Al Qadri menyerahkan SK Pengurus PWI Barito Timur masa bakti 2022-2025 di Tamiang Layang, Jumat (19/5/2023). (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh AL Qadri mengajak Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di wilayah setempat turut berpartisipasi dalam pembangunan untuk mewujudkan visi dan misi daerah.

“Kami mengajak wartawan di Barito Timur agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen untuk berperan dalam pembangunan di daerah,” katanya di Tamiang Layang, Sabtu.

Dia mengatakan, khususnya wartawan yang tergabung dalam PWI Barito Timur agar turut serta membangun daerah yang juga diiringi dengan meningkatkan ketaatan terhadap kode etik jurnalistik, demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan.

PWI Barito Timur, kata dia, keberadaannya sangat penting untuk menjamin wartawan yang berada di bawah naungan PWI merupakan wartawan profesional dan benar-benar memahami kode etik jurnalistik.

Kehadiran PWI Barito Timur hendaknya mengambil peran dalam memberi edukasi serta menjadi wadah pembinaan wartawan sehingga mampu memahami tentang aturan Undang Undang Nomor 40 tentang pers dan kode etik jurnalistik.

“Sehingga berita yang disuguhkan atau disajikan merupakan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Bartim kembali meraih WTP dari BPK RI

Menurutnya, eksistensi PWI Barito Timur harus dijaga sebagai perekat dan pemersatu insan pers. Hal ini mengingat media atau insan pers merupakan mitra pemerintah dan sebagai modal dalam membangun daerah.

“Pers adalah kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa, menyuarakan kepentingan rakyat dan berpengaruh sangat besar terhadap perkembangan pembangunan, khususnya di Kabupaten Barito Timur. Terutama perannya melalui pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah daerah,” demikian Habib Saleh.

Adapun susunan kepengurusan PWI Barito Timur masa bakti 2022 -2025 yakni Ketua dijabat Prasojo Eko dari Radar Sampit, Sekretaris Devinna Resti dari Kalimantan Post dan Bendahara Yartono dari Tabengan.

Ketua PWI Kalteng, M Haris Sadikin meminta kepengurusan PWI Barito Timur masa bakti 2022-2025, mampu dan bisa menyusun program kerja yang bermanfaat untuk anggota, serta memajukan organisasi menjadi lebih baik.

Ditambahkannya, selain itu juga bisa menempatkan organisasi PWI sebagai mitra yang sejajar dengan pemerintah daerah maupun pemangku kepentingan lain.

Baca juga: Wabup harapkan Kontingen Bartim raih prestasi pada FBIM 2023

Baca juga: Pemkab Bartim dan BNNP Kalteng bekerja sama rehabilitasi pecandu narkoba