Logo baru Pelni diluncurkan

id pelni,logo baru,pelayaran nasional indonesia

Logo baru Pelni diluncurkan

Dirut Pelni Tri Andayani (ketiga dari kiri) bersama dengan jajaran direksi Pelni saat peluncuran logo baru di JIExpo, Jakarta, Kamis (25/5/2023). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Jakarta (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni meluncurkan logo dan tagline baru yang diharapkan akan memberikan semangat baru dan menjadi momentum untuk mengakselerasi transformasi di semua lini perusahaan.


"Peluncuran logo PT Pelni (Persero) pada hari ini merupakan simbol transformasi yang telah kami lakukan. Perubahan logo yang sekaligus menjadi wajah baru Pelni diharapkan akan memberikan semangat baru dan menjadi momentum untuk mengakselerasi transformasi di semua lini perusahaan guna menjawab tantangan persaingan global yang semakin ketat," kata Direktur Utama Pelni Tri Andayani saat peluncuran logo dan tagline baru Pelni di JIExpo, Jakarta, Kamis.

Anda sapaan akrabnya mengatakan dengan semangat core value BUMN, yakni amanah, kompeten, harmonis loyal adaptif dan kolaboratif (AKHLAK), Pelni yakin akan mampu mewujudkan harapan pemegang saham dan stakeholder untuk kinerja yang semakin baik.

Ia menjelaskan bahwa proses transformasi yang telah dilakukan Pelni tidak dapat dihasilkan dalam waktu singkat melainkan membutuhkan proses perjalanan yang panjang.

"Banyak transformasi yang telah Pelni lakukan untuk sampai pada titik ini. Namun, itu pun belum cukup dan tidak akan pernah berhenti, masih banyak transformasi yang harus Pelni lakukan untuk mewujudkan visinya sebagai perusahaan pelayaran dan logistik maritim terkemuka di Asia Tenggara," tuturnya.

Pelni, kata Anda, menghubungkan pulau-pulau di seluruh Indonesia dengan melayari lebih dari 5.000 ruas dan menyinggahi lebih dari 300 pelabuhan.

"Komitmen Pelni sebagai agen pembangunan, selain memiliki peran memperkuat konektivitas dan aksesibilitas, Pelni juga menyatukan keberagaman masyarakat Indonesia, baik suku, ras maupun budaya," kata Anda.

Sebagai bentuk komitmen manajemen, ia mengungkapkan pada 2022, Pelni telah menetapkan 33 program transformasi yang mencakup bisnis dan layanan digital dan teknologi serta budaya.

"Hasil transformasi tersebut, Alhamdulillah sudah mulai terlihat pada kinerja Pelni tahun 2022 dengan mencatat laba konsolidasi audited tahun 2022 meningkat sebesar 423,3 persen dibandingkan tahun 2021. Tingkat kesehatan perusahaan mengalami kenaikan skor dan berada di kategori sehat dengan kualifikasi A," kata dia.

Selain itu, ucap Anda, pencapaian kinerja hasil transformasi Pelni juga mulai terlihat pada peningkatan jumlah penugasan yg diberikan oleh pemerintah kepada Pelni, di antaranya angkutan mudik gratis sepeda motor, perbantuan angkutan penyeberangan Ciwandan-Panjang, akomodasi terapung di Mandalika untuk mendukung event internasional MotoGP.

Kemudian, akomodasi terapung di Tidore untuk mendukung event nasional Sail Tidore, perbantuan penyelamatan wisatawan asing dan domestik di Pulau Karimun Jawa dan akomodasi terapung di Labuan Bajo untuk mendukung acara kenegaraan KTT ke-42 ASEAN.

Adapun filosofi dari logo baru Pelni, yakni logotype menggunakan huruf kapital yang akan bersanding dengan bentuk khas bertuliskan PELNI untuk memperkuat kepemilikan logo perseroan sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Bentuk P pada logo menyerupai mata panah ataupun tombol forward dan juga dapat dilihat sebagai visualisasi haluan kapal yang terlihat dari atas dengan penambahan lekuk huruf P di tengah sebagai inisial nama perseroan Pelni.

Selain itu, bentuk logo baru juga melambangkan bergerak maju, percepatan, dan melesat sebagaimana harapan agar Pelni dapat mengikuti perubahan era disrupsi dengan cepat melalui serangkaian transformasi sumber daya manusia maupun model bisnis perseroan.

Logo baru Pelni juga dilengkapi dengan tagline We Connect, We Unify yang memiliki filosofi sebagai perusahaan jasa transportasi laut, Pelni menjadi penghubung antarpulau dan pemersatu bangsa. Hal itu dilandasi oleh jumlah pulau di seluruh wilayah NKRI yang terdiri atas ribuan pulau dan dihuni oleh suku dan etnis yang beragam.

Warna biru gelap dari logo baru Pelni mencerminkan warna lautan bebas yang dalam. Hal tersebut mencerminkan bahwa perseroan merupakan perusahaan pelayaran yang berpengalaman dan profesional.

Sedangkan warna biru muda mewakili semangat pegawai milenial yang kreatif dan inovatif dalam mendukung transformasi perseroan.