Legislator Gunung Mas berharap besaran nilai BLT DD meningkat

id Dprd gunung mas, evandi, blt dd, bantuan langsung tunai, dana desa, dd, kuala kurun, gumas, gunung mas

Legislator Gunung Mas berharap besaran nilai BLT DD meningkat

Legislator Kabupaten Gunung Mas Evandi didampingi Bupati Jaya S Monong ikut menyalurkan BLT DD secara simbolis kepada sejumlah KPM di Desa Tumbang Ponyoi, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Minggu (21/5/2023). (ANTARA/HO-Protokol dan Perjalanan Setda Gumas)

Namun di Gunung Mas, khususnya di perdesaan, nilai tersebut terbilang kecil
Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Evandi menyambut baik adanya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang kembali disalurkan kepada sejumlah keluarga penerima manfaat (KPM) pada 2023.

“BLT DD sangat membantu KPM yang menerima. Saya harap BLT DD akan tetap berlanjut di 2024 dengan besaran nilai yang bertambah,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan III, yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu itu menyebut, saat ini besaran BLT DD senilai Rp300 ribu per KPM per bulan.

Menurut pria kelahiran Kelurahan Tumbang Miri, Kecamatan Kahayan Hulu Utara ini, nilai Rp300 ribu mungkin terbilang besar di daerah lain. Namun di Gunung Mas, khususnya di perdesaan, nilai tersebut terbilang kecil.

Oleh sebab itu, politisi Partai NasDem ini berharap ke depan BLT DD tetap berlanjut, dengan besaran nilai yang bertambah, sesuai dengan keadaan di daerah masing-masing.

Di sisi lain, dia juga menyarankan pemerintah mengadakan program pemberdayaan masyarakat, termasuk bagi mereka yang tidak mendapat BLT DD. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Baca juga: DPRD dukung perayaan Hari Jadi Gumas dilaksanakan di tiap kecamatan

Diketahui, BLT DD merupakan program jaring pengaman sosial pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat pandemi COVID-19. Program ini berjalan sejak 2020 dan berlanjut hingga saat ini.

Awalnya, besaran bantuan yang bersumber dari Dana Desa ini senilai Rp600 ribu per bulan per KPM. Namun belakangan besaran bantuan menjadi Rp300 ribu per bulan per KPM.

Sebelumnya, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong mengingatkan pemerintah desa yang belum menyalurkan BLT DD 2023, agar segera menyalurkan bantuan tersebut kepada KPM yang berhak menerima.

“Kepada pemerintah desa yang telah menyalurkan BLT DD 2023 saya sampaikan apresiasi. Kepada yang belum saya minta segera salurkan kepada KPM yang berhak menerima,” demikian Jaya.

Baca juga: Bupati Gunung Mas ingatkan kades segera ajukan usulan penyaluran DD

Baca juga: Bupati ingin seluruh masyarakat ikut rayakan Hari Jadi ke-21 Gunung Mas

Baca juga: Penyaluran BLT DD 2023 di Gunung Mas telah mencapai 1.294 KPM