Wabup Bartim bersyukur pilkades berlangsung kondusif

id Wabup Bartimbersyukur pilkadesberlangsung kondusif, kalteng, bartim, Barito timur, habib saleh

Wabup Bartim bersyukur pilkades berlangsung kondusif

Wabup Bartim bersyukur pilkades berlangsung kondusif

Tamiang Layang  (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh memantau proses berlangsungnya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2023 di sejumlah kecamatan dan desa di wilayah setempat.

“Hingga hari ini informasi yang kita dapatkan bahwa Pilkades Serentak 2923 berlangsung aman dan kondusif,” kata Habib Saleh di Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, dari hasil Pilkades tersebut juga sudah muncul calon-calon kepala desa terpilih dengan suara terbanyak. Dia mengapresiasi partisipasi masyarakat untuk menyukseskan pesta politik di tingkat desa tersebut.

Dia berharap kondusivitas desa tetap berlangsung aman dan kondusif setelah Pilkades selesai dan pelantikan penjabat kepala desa terpilih nantinya.

Kapolres Barito Timur, AKBP Viddy Dasmasela menambahkan, sebanyak 111 personil atau anggota dilibatkan dalam pengamanan proses Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Barito Timur. Pemantauan dilaksanakan masing-masing perwira pengendali pada 10 kecamatan yang melaksanakan Pilkades di Kabupaten Bartim.

Polisi yang bertugas ditekankan untuk menjalankan tugas dengan humanis dan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan.

Baca juga: FL2SN di Bartim ciptakan inovasi dan kreativitas anak berkhazanah budaya bangsa

Saat pemilihan berlangsung, kata dia, dilaksanakan pemantauan yang dipimpin Wabup Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh bersama perwakilan FKPD ke sejumlah lokasi untuk melihat langsung proses pelaksanaan Pilkades.

“Pemantauan ini untuk memastikan Pilkades berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif,” kata Kapolres Bartim.

Viddy mengapresiasi semua calon kades dan masyarakat yang telah menciptakan situasi pilkades yang benar kompetitif dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dari 86 Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Barito Timur, 85 desa melaksanakan pilkades sedangkan satu desa di Kecamatan Pematang Karau tidak melaksanakan Pilkades karena tidak ada calon.

Dari 85 desa yang melaksanakan Pilkades, panitia Pilkades menyiapkan 55 ribu surat suara untuk warga menggunakan hak pilihnya pada 141 TPS yang disediakan.

Baca juga: Pemkab Bartim dan KPP Muara Teweh kerja sama optimalkan pendapatan daerah

Baca juga: Ketua DPRD Bartim sarankan pemkab berdayakan kontraktor lokal

Baca juga: Wabup Bartim harapkan Muhammadiyah tingkatkan partisipasi dalam memajukan daerah