FL2SN di Bartim ciptakan inovasi dan kreativitas anak berkhazanah budaya bangsa

id Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Barito Timur, bartim, kalteng, Kepala Disdik Barito Timur, Sabai

FL2SN di Bartim ciptakan inovasi dan kreativitas anak berkhazanah budaya bangsa

Peserta Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP tingkat Kabupaten Barito Timur 2023 menampilkan tarian khas daerah di Tamiang Layang, Selasa (30/5/2023). ANTARA/HO-Disdik Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan setempat, menggelar kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kabupaten 2023, sebagai upaya mencari dan menciptakan sumber daya manusia yang unggul di bidang seni dan persahabatan.

"FLS2N bertujuan memberikan pengalaman berkompetisi kepada para pelajar di daerah ini," kata Kepala Disdik Barito Timur Sabai melalui Kabid Sekolah Menengah Pertama (SMP) Erik Bimatara di Tamiang Layang, Selasa.

Menurutnya, kegiatan itu sekaligus dalam rangka mengidentifikasi dan pengembangan talenta di bidang seni dan budaya yang menjadi bagian penting dari pengelolaan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing.

"Agar dalam menatap persaingan dunia yang bertumpu pada inovasi maupun kreativitas berbasis khazanah budaya bangsa," ucapnya.

Erik menambahkan, karakter peserta didik yang toleran terhadap keberagaman dan mempererat persatuan dan kesatuan peserta didik seluruh Indonesia.

"Untuk menciptakan talenta serta karakter peserta didik maka salah satu yang dilaksanakan adalah FLS2N pada tiap tahunnya," kata dia.

Baca juga: Pemkab Bartim dan KPP Muara Teweh kerja sama optimalkan pendapatan daerah

Dalam pelaksanaannya, kata dia, kegiatan FLS2N SMP 2023 dilaksanakan melalui dua tahapan. Tahapan pertama yakni seleksi tingkat daerah provinsi dan tahap kedua yakni seleksi tingkat nasional dengan mengikuti standar prosedur pelaksanaan seleksi sesuai yang ditetapkan Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Pada kegiatan Festival LS2N SMP 2023 yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan itu, dilaksanakan berbagai kegiatan yang dilombakan seperti tari kreasi daerah, lomba vocal solo dan lainnya.

"Kami mengapresiasi sekali kepada para guru dan orang tua yang telah mendukung atau mendorong anak-anak untuk menggali potensi serta bakat seni yang dimiliki dalam dirinya untuk diarahkan menjadi suatu prestasi yang membanggakan," demikian Erik.

Baca juga: Wabup Bartim harapkan Muhammadiyah tingkatkan partisipasi dalam memajukan daerah

Baca juga: Pemkab Bartim berhasil turunkan angka stunting 6,8 persen

Baca juga: Cuaca semakin panas, masyarakat Bartim diimbau jaga kondisi tubuh