Cuaca semakin panas, masyarakat Bartim diimbau jaga kondisi tubuh

id Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Dinas Kesehatan Barito Timur, Barito Timur, Bartim, Kalteng

Cuaca semakin panas, masyarakat Bartim diimbau jaga kondisi tubuh

Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur, dr Jimmi WS Hutagalung. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Tamiang Layang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Dinas Kesehatan setempat mengeluarkan himbauan kepada masyarakat, agar menjaga kondisi tubuh tetap sehat di saat cuaca semakin panas beberapa hari terakhir.

"Yang harus diingat yakni minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur dr Jimmi WS Hutagalung di Tamiang Layang, Selasa.

Menurutnya, cuaca panas belakangan ini melanda beberapa wilayah di Kalteng termasuk di Kabupaten Barito Timur. Cuaca panas dapat menyebabkan dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan yang hilang lebih banyak daripada yang dikonsumsi.

Dia pun mengingatkan masyarakat menghindari terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hindari sinar matahari langsung dari pukul 11.00-14.00 WIB siang karena indeks sinar ultraviolet pada waktu tersebut cukup tinggi.

Tak lupa, dirinya juga menghimbau warga Kabupaten Barito Timur untuk memakai baju yang memiliki bahan ringan seperti jenis kain katun, linen maupun jersey. Pakaian tersebut akan Terasa sejuk di kulit dan mudah menyerap keringat.

"Tidak kalah pentingnya juga yakni diiringi dengan menjaga kondisi tubuh dengan istirahat yang cukup," kata dr Jimmi.

Mencukupkan waktu istirahat dan tidur dapat memberikan beraneka ragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang diperoleh itu bahkan sama pentingnya dengan penerapan pola makan sehat dan olahraga secara rutin.

Dia mengatakan istirahat dan tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, selain makan dan bernapas. Kebutuhan tidur orang dewasa pada umumnya membutuhkan waktu tidur malam selama 7–9 jam setiap harinya.

"Dengan minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi, menghindari paparan sinar matahari langsung, menjaga kondisi tubuh dengan cukup istirahat dan memakai baju berbahan ringan, itu dapat menjaga kondisi tubuh di saat cuaca panas, agar tubuh tetap sehat dan kulit terhindar dari bahaya penyakit kulit," demikian dr Jimmi WS Hutagalung.