Pelajar Jadi atlet di Porprov, Bupati Kotim minta sekolah beri dispensasi

id Bupati Kotim minta sekolah beri dispensasi pelajar atlet Porprov, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotim, halikinnor, disdik kotim

Pelajar Jadi atlet di Porprov, Bupati Kotim minta sekolah beri dispensasi

Bupati Halikinnor memotivasi atlet panahan yang sebagian merupakan pelajar SMP dan SMA yang akan berlaga pada Porprov XII Kalimantan Tengah, Senin (19/6/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor meminta pihak sekolah memberi dispensasi jika ada peserta didik mereka yang menjadi atlet yang akan membela daerah ini pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah di Sampit pada 26 Juli 2023.

"Saya minta mereka diberi dispensasi. Jangan diberi tugas agar mereka bisa fokus latihan. Mereka ini kan bertanding juga atas nama daerah. Justru sekolah diharapkan mengapresiasi mereka," kata Halikinnor saat memantau pemusatan latihan cabang panahan, Senin. 

Pernyataan ini disampaikannya agar para atlet yang berstatus sebagai pelajar bisa tenang dan fokus berlatih. Harapannya nantinya mereka bisa tampil maksimal dan meraih gelar juara. 

Dispensasi itu diperlukan karena sejak pemusatan latihan dilakukan, para pelajar yang juga atlet itu harus mengintensifkan latihan setiap hari. Imbasnya, tidak menutup kemungkinan untuk sementara waktu mereka kurang optimal dalam melaksanakan tugas di sekolah. 

Dari sekitar 800 atlet kontingen Kotawaringin Timur yang akan diturunkan pada Porprov nanti, sebagian masih berstatus sebagai pelajar, baik di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA). Mereka tersebar di sejumlah cabang olahraga dari 29 cabang yang akan diikuti kontingen Kotawaringin Timur. 

Baca juga: DPRD Kotim setujui Raperda Penetapan Desa dan Raperda Perangkat Daerah

Seperti di cabang olahraga panahan, sebagian atletnya masih berstatus sebagai pelajar. Bahkan ada pula atlet panahan yang berstatus sebagai guru di sebuah madrasah. 

Mereka berlatih setiap hari, bahkan ditingkatkan pada pagi dan sore hari. Para atlet berlatih secara serius, terlebih cabang panahan menjadi salah satu cabang yang diharapkan banyak menyumbang medali. 

Halikinnor meminta para atlet berlatih sungguh-sungguh agar bisa tampil maksimal dan meraih juara. Selain semua keperluan sudah dipenuhi, mereka juga akan diberi bonus jika berhasil mendapatkan gelar juara. 

"Kita fokus dulu untuk menghadapi Porprov. Kita sebagai tuan rumah ingin sukses dalam penyelenggaraan serta sukses menjadi juara Porprov. Kesungguhan para atlet akan sangat menentukan ini semua," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Panahan diproyeksikan jadi lumbung medali Kotim di Porprov Kalteng

Baca juga: Bupati Kotim: Pembukaan Porprov Kalteng 26 Juli

Baca juga: Disdik Kotim berharap O2SN menjaring atlet berprestasi