Panahan diproyeksikan jadi lumbung medali Kotim di Porprov Kalteng

id Panahan diproyeksikan jadi lumbung medali Kotim di Porprov Kalteng, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotim, halikinnor, porprov, por

Panahan diproyeksikan jadi lumbung medali Kotim di Porprov Kalteng

Bupati Halikinnor berfoto bersama dengan atlet panahan dan Ketua KONI serta Ketua Perpani Kotawaringin Timur, Senin (19/6/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Olahraga panahan diproyeksikan menjadi salah satu cabang yang diharapkan menjadi lumbung penghasil medali bagi kontingen Kabupaten Kotawaringin Timur pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang akan digelar di Sampit mulai 26 Juli nanti. 

"Saya apresiasi karena Perpani tadi berani pasang target yang menurut saya tinggi. Kita dukung mudah-mudahan atlet Perpani menjadi salah satu lumbung penyumbang medali emas di Porprov nanti," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Senin. 

Halikinnor memantau atlet panahan yang sedang menjalani pemusatan latihan di tempat latihan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kotawaringin Timur di lapangan belakang gedung bola voli.

Dia datang didampingi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotawaringin Timur Ahyar Umar dan Ketua Perpani Kotawaringin Timur Dadang Siswanto. 

Kedatangan Halikinnor untuk memberi motivasi kepada para atlet agar berlatih sungguh-sungguh sehingga nantinya bisa menampilkan prestasi tertinggi untuk Kotawaringin Timur pada Porprov nanti. 

Dia menanyakan tentang keperluan para atlet untuk memastikan semua sudah dipenuhi dengan baik. Dia ingin para atlet bisa melakukan persiapan secara maksimal tanpa ada kendala.

Baca juga: Bupati Kotim: Pembukaan Porprov Kalteng 26 Juli

Sebagai motivasi, Halikinnor kembali menyampaikan bonus yang dijanjikan bagi atlet Kotawaringin Timur yang berhasil meraih medali pada Porprov nanti. 

Peraih medali dijanjikan bonus uang dengan rincian, bagi atlet perorangan peraih emas akan diberi bonus Rp15 juta, perak Rp10 juta dan perunggu Rp5 juta. Sementara itu untuk peraih medali kategori beregu, peraih medali emas akan diberi bonus Rp25 juta, perak Rp20 juta dan perunggu Rp15 juta. 

"Saya ingin kita sebagai tuan rumah bisa sukses dalam penyelenggaraan, serta sukses menjadi juara umum. Jadi tolong para atlet, pelatih dan semuanya untuk lebih fokus demi hasil yang maksimal," harap Halikinnor. 

Ketua Perpani Kotawaringin Timur Dadang Siswanto mengatakan persiapan terus dilakukan para atlet, bahkan semakin diintensifkan. Pihaknya optimistis cabang panahan dengan 25 atlet yang diturunkan akan bisa menyumbang medali dalam jumlah besar. 

"Ada 40 lebih medali yang diperebutkan di cabang panahan dan kami optimis bisa meraih setidaknya separuh dari total medali tersebut atau 20 medali," ujar Dadang. 

Pria yang merupakan Ketua Fraksi PAN dan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur ini yakin dengan materi atlet yang dimiliki. Beberapa di antaranya adalah atlet yang sudah sering meraih medali di kejuaraan nasional. 

Baca juga: Disdik Kotim berharap O2SN menjaring atlet berprestasi

Baca juga: Legislator Kotim sebut prosesi wisuda kelulusan sekolah tidak boleh dipaksakan

Baca juga: Masyarakat antusias sampaikan aspirasi langsung kepada Bupati Kotim