DPRD ingatkan masyarakat cegah DBD

id Ruselita

DPRD ingatkan masyarakat cegah DBD

Ketua I Komisi C DPRD Palangka Raya, Ruselita. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Ruselita meminta Dinas Kesehatan setempat untuk gencar mengantisipasi munculnya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) ketika musim hujan. 

"Memang beberapa hari ini kota kita selalu diguyur hujan yang cukup deras, maka dari itu jangan sampai kondisi lembab tersebut mengakibatkan munculnya wabah DBD di lingkup pemukiman warga yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat," kata Ruselita di Palangka Raya, Selasa. 

Dia menuturkan, Dinas Kesehatan sebagai mitra Komisi C di DPRD kota setempat diminta terus mengingatkan kepada seluruh petugas kesehatan agar memperhatikan hal tersebut. 

Jangan sampai masyarakat yang berdomisili di 'Kota Cantik' resah akibat munculnya wabah yang dapat membahayakan nyawa manusia. Nyamuk aedes aegypti penular penyakit mematikan itu harus dibasmi. 

"Lebih baik diantisipasi terlebih dahulu, dari pada kita nanti yang menjadi korbannya. Maka dari itu selain masyarakat, petugas dari puskesmas dan Dinkes di daerah setempat harus aktif melakukan sosialisasi serta lain sebagainya," ucap srikandi di DPRD Kota Palangka Raya itu. 

Sebelumnya, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Jekan Raya Hariyadi di Palangka Raya mengatakan, petugas Puskesmas setempat terus mensosialisasikan terkait bahaya DBD. Mereka juga memberikan penyuluhan seperti selalu melaksanakan 3M atau menguras, menutup dan mengubur sampah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

"Salah satunya yaitu selalu membersihkan lingkungan rumah dari adanya genangan-genangan air yang mengendap akibat guyuran hujan dan lain sebagainya. Karena hal tersebut bisa saja menjadi berkembangnya nyamuk DBD," katanya.

Ia mengungkapkan, sampah yang ada di permukiman warga harus dikubur agar tidak menjadi sasaran tempat sarang nyamuk berkembang. Kebanyakan nyamuk DBD berkembang dari genangan air di dalam barang bekas, penampungan air dan lainnya.

Tidak hanya masyarakat, di komplek perkantoran tentunya juga wajib melakukan hal yang sama agar nyamuk tersebut tidak muncul dan membahayakan penghuni rumah dan warga yang ada di daerah setempat.

"Nyamuk DBD tidak bisa berkembang biak di air keruh, melainkan dia hanya bisa berkembang biak di air jernih. Maka dari itu kalau ada sampah serta lain sebagainya alangkah baiknya dikubur dan banyak menutup serta menguras bak air rumah masyarakat apabila lama tidak digunakan," demikian Hariyadi.