DPRD Palangka Raya tekankan pentingnya peran guru dalam pendidikan

id dprd palangka raya, ruselita, tenaga pendidik, guru, palangkaraya, mutu pendidikan

DPRD Palangka Raya tekankan pentingnya peran guru dalam pendidikan

Wakil Ketua I Komisi C DPRD Palangka Raya Ruselita. (ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Ruselita mengatakan kualitas guru menentukan baik buruknya mutu pendidikan di daerah ini.
 
"Maka penting bagi Dinas Pendidikan Palangka Raya untuk meningkatkan kualitas guru, sehingga banyak guru-guru yang berkompetensi meningkatkan mutu pendidikan," katanya di Palangka Raya, Sabtu.
 
Dirinya menjelaskan, guru yang berkompeten dinilai dapat menunjukkan kinerja pembelajarannya lebih baik, sehingga menghasilkan peserta didik unggul, cerdas, berkarakter, adaptif, dan hebat.
 
Terlebih dalam menghadapi perubahan zaman yang kian dinamis seperti saat ini, maka generasi penerus dituntut mampu beradaptasi dengan segala macam kemajuan, salah satunya teknologi.
 
"Oleh karena itu, peran guru dituntut mampu meningkatkan kualitas pengetahuan anak didiknya untuk menjadi generasi yang siap bersaing di tingkat nasional,” ucapnya.
 
Sementara itu, lanjut Ruselita, secara umum satuan pendidikan dalam hal ini sekolah dari berbagai jenjang, baik SD maupun SMP, dituntut mampu melahirkan kerja inovatif di dunia pendidikan di Kota Palangka Raya.

Baca juga: DPRD minta Pemkot Palangka Raya perhatikan kecamatan potensial di sektor pertanian
 
Dirinya menilai, gaya kepemimpinan kepala sekolah dan para guru sudah saatnya didasari atas kompetensi yang mampu melahirkan hasil dan prestasi belajar bagi seluruh peserta didik di daerah ini.
 
"Karena memang tanpa adanya kompetensi yang dimiliki para guru dan kepala sekolah, akan sangat sulit untuk mengimbangi dengan perkembangan kurikulum pendidikan," ujarnya.
 
Politisi Perindo ini juga mengatakan, dengan adanya komitmen Pemerintah Kota Palangka Raya dalam meningkatkan mutu pendidikan, hal tersebut diyakini dapat mencetak sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing kuat.
 
"Karena pembangunan di daerah ini harus dilakukan dan dilanjutkan oleh putra-putri daerah. Sebab mereka tentu lebih mengetahui sejarah dan daerah ini sehingga pembangunan yang dilakukan tepat sasaran," demikian Ruselita.

Baca juga: Antisipasi dampak kemarau pada produksi pertanian di Palangka Raya

Baca juga: DPRD Palangka Raya minta pemeliharaan drainase dilakukan secara rutin

Baca juga: Legislator Palangka Raya: Tingkatkan rasa memiliki untuk jaga fasilitas umum