Dishanpang Kalteng sediakan pangan bersubsidi bantu warga sambut Idul Adha

id Pemprov kalteng, dishanpang, dinas ketahanan pangan, pangan murah, pasar penyeimbang bersubsidi, inflasi, kalteng, kalimantan tengah, palangkaraya, id

Dishanpang Kalteng sediakan pangan bersubsidi bantu warga sambut Idul Adha

Pasar penyeimbang bersubsidi di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau, (27/6/2023). (ANTARA/HO-Dishanpang Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Provinsi Kalimantan Tengah menyediakan pangan bersubsidi untuk membantu warga memenuhi kebutuhan pokok, terutama umat Islam dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Selain melaksanakan Gerakan Pangan Murah yang bersinergi bersama pemerintah pusat, kami juga melaksanakan pasar penyeimbang bersubsidi di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau," kata Kepala Dishanpang Kalteng Riza Rahmadi di Palangka Raya, Rabu.

Alokasi beras subsidi untuk wilayah Kalampangan adalah sebanyak tujuh ton, terdiri dari beras pulen enam ton dan pera (karau) satu ton.

Selain komoditas beras, dalam gelaran pasar penyeimbang bersubsidi tersebut, juga pihaknya sediakan komoditas pangan strategis lain, seperti telur ayam ras, gula pasir, minyak goreng, bawang merah dan bawang putih.

"Telur ayam sebanyak 80 tray, gula pasir 500 kilogram, minyak goreng 500 liter, bawang merah 80 kilogram, dan bawang putih 60 kilogram," jelasnya.

Baca juga: BPR dan BPRS semakin optimalkan akses permodalan UMKM di Kalteng

Adapun harga jualnya lebih terjangkau dibanding di pasar, yakni beras pera Rp50 ribu per lima kilogram, beras pulen Rp48 ribu per lima kilogram, bawang merah dan bawang putih masing-masing Rp35 ribu per kilogram, gula pasir Rp12 ribu per kilogram, hingga minyak goreng Rp14 ribu per liter.

"Pasar penyeimbang bersubsidi ini sebagai salah satu upaya pemerintah provinsi untuk menyediakan akses masyarakat terhadap pangan yang berkualitas dengan harga terjangkau," ujar Riza.

Selain itu, juga sekaligus upaya berkala yang dilakukan pemerintah dalam pengendalian tingkat inflasi maupun stabilisasi harga di pasar. Selain itu, pihaknya juga menggelar kegiatan yang sama di Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu yakni sebanyak 4,8 ton beras bersubsidi.


Baca juga: Berikut rumah sakit rujukan yang dimiliki Kalimantan Tengah


Baca juga: Gerakan Pangan Murah Kalteng bantu penuhi kebutuhan warga jelang Idul Adha


Baca juga: Kejurnas Gubernur Cup Voli berakhir, Kalteng siap laksanakan agenda skala nasional selanjutnya