Dua kebakaran terjadi di Muara Teweh dalam semalam

id kebakaran muara teweh,damkar,bpbd,sdn 7 lanjas,barito utara,kalteng

Dua kebakaran terjadi di Muara Teweh dalam semalam

Sejumlah warga berupaya memadamkan kebakaran di Jalan Manggis Gang Sumur Tua Muara Teweh, Senin (7/8/2023) malam. ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Dua peristiwa kebakaran di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, terjadi dua kali dalam satu malam pada Senin (7/8) malam yang menghanguskan sejumlah rumah warga.

"Peristiwa kebakaran itu berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa," kata Kabid Damkar dan Linmas Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Barito Utara Tri Indra Hartono di Muara Teweh, Selasa.

Kebakaran pertama terjadi di kawasan Jalan Panti Ajar Muara Teweh sekitar pukul 18.46 WIB yang menghanguskan dua buah rumah yang merupakan rumah dinas guru SDN - 7 Lanjas yang ditempati Yuliansyah dan Yosepiannor, akibat kebakaran ini dua kepala keluarga 10 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Kemudian kejadian kedua pada pukul 21.20 WIB di kawasan pada penduduk di Jalan Manggis Gang Sumur Tua dan api berhasil dipadam sekitar pukul 22.30 WIB.
 
Sejumlah warga menyaksikan kebakaran di Jalan Panti Ajar Muara Teweh, Senin (7/8/2023) malam.ANTARA/HO-Dinas Damkar dan Penyelamatan Barito Utara
 

Upaya pemadaman di Gang Sumur Tua ini cukup diperketat karena lokasinya berada di belakang sejumlah fasilitas perkantoran dan rumah ibadah di Jalan Tumenggung Surapati seperti Bank BRI, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara serta Masjid Attaqwa Muara Teweh.

Kedua lokasi kebakaran terjadi saat kota Muara Teweh sempat diguyur hujan, sehingga cukup membantu petugas yang memadamkan api selain personel Dinas Damkar dan Penyelamatan juga BPBD, kepolisian dan TNI-AD serta masyarakat sekitar.

Kebakaran ini mengakibatkan tiga buah rumah hangus terbakar  dan dua rumah lainnya terdampak sebanyak 3 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. 

"Untuk nilai kerugian dalam dua kejadian masih belum diketahui dan penyebab kebakaran saat ini masih diselidiki pihak kepolisian," kata Tri Indra.