Bupati Barito Utara serahkan bantuan korban kebakaran

id bantuan kebakaran muara teweh,kebakaran barut,jalan panti ajar,jalan manggis,bupati,barito utara,kalteng

Bupati Barito Utara serahkan bantuan korban kebakaran

Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di dua tempat, Jalan Manggis Gang Sumur Tua dan Jalan Panti Ajar Muara Teweh, Jumat (18/8/2023).ANTARA/Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra beserta kepala perangkat daerah lingkup Kabupaten Barito Utara menyerahkan bantuan kepada korban musibah kebakaran yang terjadi di Muara Teweh pada Senin (7/8) malam.

Bantuan yang diserahkan berupa bahan pokok dan beberapa bantuan penunjang lainnya yang langsung diserahkan langsung oleh Bupati Nadalsyah kepada warga yang tertimpa musibah kebakaran beberapa pekan yang lalu yang berada di Jalan Panti Ajar dan Jalan Manggis Muara Teweh.

"Mudah-mudahan apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi warga korban musibah kebakaran, semoga warga yang tertimpa musibah ini dapat diberi ketabahan,” kata Nadalsyah di Muara Teweh, Jumat (18/8). 

Pada kesempatan itu, Bupati juga berpesan kepada seluruh warga masyarakat di Kabupaten Barito Utara agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap musibah kebakaran, selalu periksa instalasi listrik di rumah juga perabot lainnya terlebih mendekati musim kemarau.

Usai menyerahkan bantuan kepada korban musibah kebakaran Bupati Barito Utara H Nadalsyah beserta rombongan mengecek dan melihat rumah dan bangunan yang terkena musibah kebakaran.

Peristiwa kebakaran itu terjadi dua kali dalam satu malam pada Senin (7/8) malam yang menghanguskan sejumlah rumah warga.

"Peristiwa kebakaran itu berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa," kata Kabid Damkar dan Linmas Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Barito Utara Tri Indra Hartono.

Kebakaran pertama terjadi di kawasan Jalan Panti Ajar Muara Teweh sekitar pukul 18.46 WIB yang menghanguskan dua buah rumah yang merupakan rumah dinas guru SDN - 7 Lanjas yang ditempati Yuliansyah dan Yosepiannor, akibat kebakaran ini dua kepala keluarga 10 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Kemudian kejadian kedua pada pukul 21.20 WIB di kawasan pada penduduk di Jalan Manggis Gang Sumur Tua dan api berhasil dipadam sekitar pukul 22.30 WIB.

Upaya pemadaman di Gang Sumur Tua ini cukup diperketat karena lokasinya berada di belakang sejumlah fasilitas perkantoran dan rumah ibadah di Jalan Tumenggung Surapati seperti Bank BRI, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara serta Masjid Attaqwa Muara Teweh.

Kedua lokasi kebakaran terjadi saat kota Muara Teweh sempat diguyur hujan, sehingga cukup membantu petugas yang memadamkan api selain personel Dinas Damkar dan Penyelamatan juga BPBD, kepolisian dan TNI-AD serta masyarakat sekitar.

Kebakaran ini mengakibatkan tiga buah rumah hangus terbakar  dan dua rumah lainnya terdampak sebanyak tiga kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.