Bupati Lamandau: Pers miliki peran penting dalam pembangunan

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, hpn lamandau

Bupati Lamandau: Pers miliki peran penting dalam pembangunan

Puncak Peringatan HPN tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Nanga Bulik, Lamandau, Senin (7/8). (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengatakan insan pers memiliki peran penting dan strategis dalam menyukseskan pelaksanaan pembangunan.

"Dalam upaya bersama untuk memajukan daerah tentunya melibatkan semua pihak, tidak terkecuali peran pers," kata Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Senin (7/8).

Hal itu dia sampaikan saat puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023 di Gedung Pertemuan Umum Lantang Torang.

"Sebagai pilar demokrasi juga sekaligus check and balance (memeriksa dan menyeimbangkan) terhadap penyelenggaraan pemerintah, peran pers dalam hal ini sangat signifikan," tuturnya.

Hendra mengatakan, baik maupun hebat suatu daerah tidak lepas dari peranan wartawan. Maka kehadiran pers dalam penyelenggaraan pemerintah sangatlah berarti.

Baca juga: Festival Babukung menjadi daya tarik unggulan Lamandau

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng Agus Siswadi mengatakan tak bisa dipungkiri, pers memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pembangunan.

“Pemprov Kalteng sangat menyadari peran strategis pers. Sejauh ini, pemerintah daerah selalu menggandeng pers dalam berbagai aktivitas pembangunan," jelasnya.

Oleh karenanya, di lain sisi, pers khususnya di Kalimantan Tengah juga dituntut mampu menyiapkan sumber daya manusia unggul serta mampu menjalankan fungsi-fungsi pers sebagaimana mestinya.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari menjelaskan, pers lahir dari rahim kebudayaan, itulah sebabnya mengapa pers di dunia ini satu sama lain berbeda-beda seperti halnya kebudayaan.

"Tetapi ada persamaan dasarnya yaitu pers dimana pun memperjuangkan kebenaran," tegasnya.

Baca juga: DAD Lamandau berikan gelar adat kepada Ketua PWI

Baca juga: Hadiri HUT ke-21 Lamandau, DPRD Kalteng minta pembangunan terus digencarkan

Baca juga: Hari Jadi ke-21 Lamandau, terus berinovasi memajukan daerah